Susu Termasuk Sumber Protein Hewani Paling Kaya Zat Gizi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 02 Feb 2023 19:49 WIB

Susu Termasuk Sumber Protein Hewani Paling Kaya Zat Gizi

SURABAYAPAGI, Surabaya - Protein hewani memiliki keunggulan tersendiri untuk mencegah stunting. Dari beragam jenis sumber protein hewani, ada dua yang paling kaya akan gizi.

Ahli gizi Dr Marudut Sitompul mengungkapkan ada dua jenis protein hewani yang masuk kategori referensi protein atau gold standard, bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia, yaitu protein dari telur dan susu. Telur mengandung albumin, sedangkan susu mengandung casein.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

"Dua sumber protein hewani ini yang paling baik," ujarnya.

Susu merupakan sumber protein hewani paling baik dan paling tinggi kandungan gizinya. Daging saja kandungan protein hewaninya masih kalah di bawah susu, menurut Marudut.

"Inilah mengapa susu digunakan untuk melengkapi zat-zat gizi," ujarnya.

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Susu sebagai sumber protein hewani yang kaya gizi dan terjangkau. Selain kaya akan berbagai zat gizi, mengkonsumsi susu yang rutin juga dapat menjaga berat badan yang ideal.

"Disarankan untuk tidak lupa minum susu minimum dua gelas sehari terutama waktu sarapan, sebab sarapan merupakan momen penting untuk pemenuhan gizi untuk memulai hari," sarannya.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Pada susu, terdapat beberapa komposisi zat gizi, diantaranya vitamin D dan kalsium. Kedua zat gizi ini bermanfaat untuk kesehatan. Misalnya vitamin D baik untuk menjaga daya tahan tubuh atau membangun sistem imun.

Walaupun susu zat gizinya tinggi, namun susu bukan segalanya. Susu tidak bisa melengkapi seluruh zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, Anda harus mengonsumsi zat gizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral.hlt/ssu

Editor : Mariana Setiawati

Tag :

BERITA TERBARU