TA 2023, Pemkot Pasuruan Akan Perbaiki 6 Jembatan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 13 Des 2022 14:42 WIB

TA 2023, Pemkot Pasuruan Akan Perbaiki 6 Jembatan

i

Salah satu jembatan yang diusulkan untuk diperbaiki ke pemerintah pusat.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan – Satu demi satu masalah yang memicu terjadinya banjir di Kota Pasuruan diurai. Mulai dari permasalahan yang cakupannya paling kecil, seperti saluran air. Hingga penyempitan gorong-gorong jembatan.

Namun, tidak semua upaya pencegahan banjir bisa dilakukan Pemkot Pasuruan. Sebab, ada penanganan sejumlah infrastruktur yang berada di luar kewenangan pemerintah daerah.

Baca Juga: Ngabuburit Bersama Dukcapil, Cetak KTP-el dan Bagi Takjil Gratis

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Pasuruan Gustap Purwoko mengaku, penanganan rutin yang dilakukan sepanjang tahun ini baru menyentuh normalisasi drainase. Ada lebih dari 51 saluran yang terhubung ke sungai-sungai besar dinormalisasi.

”Dan itu sifatnya penanganan rutin yang memang menjadi kewenangan kami,” kata Gustap.

Namun, dia juga tak menampik untuk mencegah terjadinya banjir perlu sentuhan yang lebih besar. Terutama terhadap gorong-gorong di beberapa jembatan.

”Nah, untuk jembatan ini penanganannya ada di pusat. Kami tidak bisa melangkah lebih jauh,” sambungnya.

Kendati demikian, Gustap menegaskan bahwa pemerintah kota sudah memetakan kondisi eksisting jembatan-jembatan yang perlu mendapat perhatian. Misalnya dengan kondisi gorong-gorong yang menyempit. Ataupun terjadi pendangkalan akibat sedimentasi.

Baca Juga: Angin Kencang Rusak 3 Rumah Warga di Pasuruan

“Ada sekitar enam jembatan yang perlu segera diperbaiki. Dan itu yang kami usulkan ke pusat,” kata Gustap.

Usulan tersebut sudah disampaikan. Antara lain perbaikan jembatan Buk Wedi dan Purut. Di dua jembatan ini, terjadi penyempitan.

Sehingga, dikhawatirkan tidak mampu menampung air. Terlebih bila debitnya terlalu tinggi ketika memasuki musim hujan seperti sekarang. Sehingga kerap menimbulkan luapan ke jalan.

Baca Juga: Warga Pasuruan Tewas Terkena Ledakan Bondet

”Ada enam yang kami usulkan perbaikannya. Termasuk jembatan Bario, cross drain Barito, Karangketug dan cross drain Gadingrejo,” katanya.

Dia berharap pemerintah pusat bisa merealisasikan usulan tersebut. Sehingga masalah banjir di Kota Pasuruan bisa teratasi.

”Dalam usulan kemarin sudah kami sampaikan gambaran kondisi di lapangan. Mudah-mudahan saja disetujui untuk tahun depan,” pungkasnya. ris

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU