Tahu Tempe Jadi Barang Langka di Surabaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 03 Jan 2021 21:49 WIB

Tahu Tempe Jadi Barang Langka di Surabaya

i

Transaksi tempe di Pasar Asem, Simo, Surabaya, Minggu (3/1/2021).

 

SURABAYAPAGI, Surabaya- Beberapa hari ini masyarakat diresahkan dengan kelangkaan tahu tempe. Bagaimana tidak, seiring diberitakan harga kedelai naik menjadi 35-40%,  atau sekitar Rp 9000-10.000/kg,  persediaan dan pendistribusian tahu dan tempe di masyarakat otomatis terganggu.

Baca Juga: Sukses Produksi Tempe hingga 2.500 Kilogram Per Hari

Langkanya persediaan tahu tempe tersebut diduga karena banyak  para pengusaha tahu dan tempe menghentikan proses pembuatan produksinya, dengan alasan harga bahan bakunya,  kedelai mengalami kenaikan harga. Ya, harga kedelai naik  35 hingga 40 persen  atau sekitar Rp 9000 hingga 10.000 per kg. 

Para pedagang tahu dan tempe di pasar-pasar mengeluhkan krisis tahu tempe ini. Seperti yang diungkapkan Totok,  penjual tahu dan tempe di Pasar Asem, Simo, Surabaya.

" Kurang lebih sudah 3 hingga 4 hari ini kiriman pasokan tahu tempe dari pabrik sering kosong dan kadang libur," kata Totok.

Hal yang sama juga dikeluhkan penjual tempe yang lain, Murtiningsih (35).

Baca Juga: PJ Bupati Sidoarjo Umumkan Harga Kedelai Turun Jadi 8.500/Kg

" Saya sempat tidak jualan tempe sebelum Tahun Baru kemarin, karena pabrik libur," ungkap perempuan yang berjualan tiap malam di Pasar Asem ini.

Karena langkanya tahu dan tempe saat ini, harga di pasaran pun terdongkrak naik Rp 3500 hingga 4000 per batang kecil dari harga sebelumnya yaitu  Rp 2000 per batang.

Kenaikan ini dikeluhkan pembeli yang mengaku bernama Dewi.

Baca Juga: Mabes Polri Cari Penimbun Kedelai

"Ini tadi saya beli tempe 2 batang Rp 7000-an, biasanya cuma  Rp 4000 loh," keluh Dewi, Minggu (3/1/2021) sore.

Senada,  Yanto (25), salah satu pedagang gorengan di jalan Raya Ngagel Tirta mengeluhkan hal yang sama. “Tahu sama tempe kosong, pada nggak ada di pasar pasar, sudah beberapa hari ini kosong, coba aja cari di lainnya, bakal susah," ucapnya dengan nada kesal. bam

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU