Tahun 2021, Imigrasi Perak Upayakan Raih WBBM

Penguatan internal menuju zona integritas wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) di Kanim Tanjung Perak. SP/Humas Imigrasi Perak

SURABAYAPAGI,Surabaya - Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak hingga kini terus bergerak.

Ambisi meraih penghargaan WBBM dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) di tahun 2021 ini nampaknya menjadi motivasi tersendiri bagi tim tersebut.

Tak tanggung-tanggung selama 3 hari berturut-turut sejak 7 April hingga 9 April 2021 lalu, tim pembangunan zona integritas WBBM ini terus melakukan koordinasi dengan sejumlah stakeholders. Mulai dari monitoring dan evaluasi bersama Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur hingga arahan dan penguatan internal secara virtual bersama Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM.

"Itu kita lakukan untuk mengetahui dibagian apa saja kekurangan kita, sehingga kita dapat berbenah dan memperbaikinya," kata Kepala sub seksi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I TPI Tanjung Perak Ronald Mubarak, Minggu (11/04/2021).

Kepada Surabaya Pagi, Ronald mengaku optimis tahun ini Kanim Tanjung Perak dapat meraih WBBM dari Kemenpan-RB. Sementara untuk penghargaan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) telah diraih sejak akhir 2019 lalu.

Dengan menggaungkan slogan Mantap yang berarti melayani tanpa pamrih, Ia optimis akan menorehkan hasil tersebut. 

"Untuk WBK sudah kita raih, tahun ini harus WBBM," katanya

Secara terpisah, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Jawa Timur, Krismono menjelaskan, dirinya telah berkunjung ke Kantor Imigrasi Tanjung Perak dan melakukan pengecekan progres pembangunan Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih Melayani pada beberapa yang lalu.

Menurutnya, kesiapan dari Kanim Tanjung Perak sejauh ini sudah cukup maksimal. Harapannya dengan layanan yang saat ini dapat membawa Imigrasi Tanjung Perak meraih penghargaan WBBM.

Tak hanya itu, ia juga memberikan dukungan motivasi dan penguatan kepada seluruh pegawai Kanim Tanjung Perak agar berkomitmen penuh dan bekerja sungguh-sungguh demi mensukseskan pembangunan zone integritas.

"Saya selalu sampaikan, hari ini harus lebih baik dari kemarin, rugilah kita jika hari ini sama dengan kemarin. Celakalah kita jika hari ini lebih buruk dari kemarin," kata Krismono

Soal raihan WBBM sendiri, sebelumnya Kepala Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Jawa Timur, Jaya Saputra telah menantang Kanim Tanjung Perak agar meraih penghargaan tersebut.

Kami akan menggedor kawan-kawan di kanim Tanjung Perak agar di tahun 2021, predikat WBBM harus diraih," kata Jaya Saputra kepada Surabaya Pagi belum lama ini.

Perlu diketahui, hingga kini optimalisasi layanan di Kanim Tanjung Perak terus ditingkatkan. Salah satunya adalah layanan dengan pendekatan care atau person to person.

"Jadi orang datang kita tanyakan satu per satu keperluannya apa, kalau ada berkas yang kurang lengkap akan kita bantu," kata Ronald

Dalam membantu kepengurusan berkas pemohon, pihaknya telah menyediakan coworking space yang dilengkapi dengan printer, seperangkat komputer dan jaringan internet.

Tak hanya itu fasilitas lain seperti zona main anak, pojok kopi dan ruang baca juga disediakan guna membantu masyarakat nyaman tatkala melakukan pengurusan paspor atau pengurusan lainnya.

"Jadi kita sistemnya itu melayani. Karena slogan kita itu MANTAP, Melayani Tanpa Pamrih," pungkasnya. sem