Tahun Baru 2022, Polisi di Gresik dan Jember Panen Motor Berknalpot Brong

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 02 Jan 2022 16:33 WIB

Tahun Baru 2022, Polisi di Gresik dan Jember Panen Motor Berknalpot Brong

i

Razia knalpot brong di Gresik

SURABAYAPAGI.COM, Gresik - Awal tahun 2022, aparat Kepolisian dari Satlantas Polres Gresik panen tangkapan balap liar. Ada puluhan motor balap liar berknalpot brong ditilang di sejumlah jalan utama. Di antaranya Jalan RA.Kartini, Veteran dan Alun-Alun Kota Gresik.

Razia dipimpin langsung Kasatlantas Polres Gresik AKP Engkos Sarkosi bersama Kanit Turjagwali Satlantas Polres Gresik Iptu Darwoyo.

Baca Juga: Polisi Gresik Tangkap Seorang Pelaku Perampokan Sadis yang Bunuh Korbannya

Kasatlantas Polres Gresik AKP Engkos Sarkosi menuturkan, sebelum menertibkan aksi balap liar dengan berknalpot brong, anggotanya terlebih dulu melakukan patroli. Cara yang ditempuh adalah dengan penindakan ‘hunting system’.

“Patroli tersebut sebagai upaya mencegah kebut-kebutan di jalan serta ugal-ugalan yang dampaknya mengganggu keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran (Kamseltibcar) lalu lintas,” tuturnya, Minggu (2/1/2021).

Dalam patroli yang menyasar di 3 lokasi tersebut, petugas mengamankan 20 kendaraan roda dua berknalpot brong. Selain mendapat sanksi tilang, para pengendara yang rata-rata masih remaja itu dipanggil orang tuanya agar memberikan efek jera dan tidak mengulanginya.

Selain di Gresik, aksi serupa juga dilakukan Polres Jember. Sebanyak 300 kendaraan roda dua berknalpot brong serta tak berstandar diamankan petugas gabungan dari polisi dan TNI.

Baca Juga: Dipenuhi Kejanggalan, Saksi Perampokan Tragis di Desa Imaan Gresik Ditemukan Tewas di Kebun Jagung

Selain itu, dalam patroli tersebut juga dilakukan pembubaran massa di kafe dan kerumunan di alun-alun kota ataupun kecamatan. Polisi juga mendapati masyarakat yang membawa kondom dan jimat.

“Sebagai langkah antisipasi malam tahun baru. Sesuai petunjuk dari Mabes Polri maupun Polda (Jatim). Melalui renpam (rencana pengamanan), dilakukan penerapan aturan penyekatan,” kata Kasat Sabhara Polres Jember AKP Eko Basuki saat dikonfirmasi di sela kegiatan, Sabtu (1/1/2022).

 

Baca Juga: Hendak Balapan Liar, Puluhan Remaja dan 50 Motor Diamankan Polisi Gresik

Diketahui dari kegiatan patroli itu, polisi mendapati kurang lebih 300 motor yang menggunakan knalpot brong dan tidak melengkapi sesuai standar.

“Sehingga kami amankan motor itu di tiap-tiap kapolsek. Jumlah motor yang kami amankan dari seluruh kegiatan patroli se Kabupaten Jember,” katanya.

“Kami juga dapati ada warga yang membawa kondom dan jimat. Yang kemudian kami imbau untuk tidak disalahgunakan dan malah mengganggu Kamtibmas,” imbuhnya. 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU