Tak Ada Penghasilan, Pengangguran Nekad Jual Sabu

Mohammad Eko Nur Hakim pengedar narkoba yang berhasil diamankan Satreskoba Polres Pasuruan.

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Lama menganggur, seorang pemuda di Pasuruan nekat menjalankan bisnis haram dengan berjualan narkoba. Sayang, bisnis haram yang dilakukan Mohammad Eko Nur Hakim (29) itu keburu terendus polisi.

Pelaku akhirnya diamankan Satreskoba Polres Pasuruan saat hendak bertransaksi di tepi jalan Dusun Pohkecik, Desa Baujeng yang tak jauh dari rumahnya Jumat (4/6/2021), pukul 00.30 dini hari.

“Yang bersangkutan diamankan karena terbukti tindak pidana menjadi perantara dalam jual beli, memiliki, menyimpan atau menguasai diduga narkotika golongan I jenis sabu,” beber Kasatreskoba Polres Pasuruan AKP Domingos Ximenez, Senin (7/6).

Setelah ditangkap, pria berumur 29 tahun ini digelandang ke Mapolres Pasuruan guna dimintai keterangan. Dari hasil pemeriksaan, kata Dom, Eko nekat menjual sabu lantaran tidak memiliki pekerjaan.

“Mengaku tidak punya pekerjaan, sehingga menjual sabu,” jelas Dom, sapaanya.

Saat diamankan, Eko kedapatan mengantongi tiga bungkus plastik berisi sabu dengan berat 1, 39 gram. Selain itu, petugas juga mengamankan barang bukti timbangan elektrik, jarum suntik, sedotan plastik, dan BB lain yang menguatkan.

Atas perbuatannya, Eko harus mendekam di tahanan Mapolres Pasuruan. Ia dijerat pasal 114 ayat (1) atau Pasal 112 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman hukuman 10 tahun penjara.