Tak Lama Lagi Beredar Vaksin Nusantara Buatan Anak Indonesia

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 16 Feb 2021 21:24 WIB

Tak Lama Lagi Beredar Vaksin Nusantara Buatan Anak Indonesia

i

Penyerahan hasil uji klinis tahap 1 kepada BPOM di RSUP Kariadi disaksikan langsung oleh Komisi IX DPR RI di RSUP dr Kariadi Semarang, Selasa (16/2/2021). SP / Raditya

 

Vaksin Berteknologi sel dendritik Inisiasi Mantan Menkes Dr. Terawan, Selasa Kemarin Merampungkan Uji Klinis Tahap I. Komisi IX DPR-RI Kagum dan Mendukung Uji Klinis Tahap II di RS Dr Karyadi Semarang

Baca Juga: Covid-19 di Indonesia Naik, Ayo Masker Lagi

 

 

SURABAYAPAGI.COM, Semarang - Diam-diam mantan Menkes dr. Terawan Agus Putranto, membuat vaksin dengan teknologi sel dendritik. Dan menurut uji klinis tahap I, vaksin ini memiliki kelebihan dan keunggulan dibanding vaksin impor dan yang saat ini masuk ke Indonesia. Maklum, Sel Dendritik ini berbasis sel dan personalize.

Vaksin ini buatan anak negeri dengan total kandungan dalam negeri (TKDN) hampir 100 persen. Dan vaksin berbasis sel dendritik ini Selasa (16/2/2021) kemarin telah tuntas uji klinis tahap I dan masuk dalam uji klinis tahap II di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. Kariadi Semarang.

Dari hasil uji klinis tahap I ini telah dinyatakan aman, dan siap dilakukan uji klinis tahap II. Kejutan psikologisnya, hasil uji klinis di Semarang telah didukung penuh oleh anggota Komisi IX DPR RI yang Selasa kemarin meninjau langsung persiapan uji klinis tahap II. Vaksin ini diberi nama vaksin Nusantara. Vaksin Nusantara ini berbeda dengan vaksin Merah Putih. Praktis, kini ada dua vaksin nasional yang sedang dikembangkan.

Vaksin Nusantara ini dikembangkan dan uji klinik vaksin di Indonesia bersama-sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) dan Kementerian Kesehatan RI.

Dimana, vaksin teknologi sel dendritik ini menurut uji klinis memiliki kelebihan dan keunggulan dibanding vaksin impor yang saat ini masuk ke Indonesia.

Mengingat, Sel Dendritik berbasis sel. Termasuk pembuatan untuk vaksin Covid-19 berbasis personalize.

 

BPOM Diminta Percepat Ijin

Sementara, dalam kunjungannya Komisi IX DPR ke RSUP dr Kariadi Semarang yang dipimpin langsung Wakil Ketua Komisi IX, Emanuel Melkiades Laka Lena. Meminta Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) untuk kooperatif dan ikut bersama-sama mendampingi perkembangan uji klinis tahap kedua vaksin Nusantara.

Baca Juga: CEPI dan Bio Farma Berkolaborasi untuk Dorong Percepatan Produksi Vaksin

”Tolong lah BPOM, jangan bertele-tele. Ini tim peneliti juga sudah siap. Tinggal diakomodir. Jangan lama-lama. Ini vaksin anak bangsa dan kerjq cepat. Kita prioritaskan ini ketimbang Merah Putih yang baru 2022 nanti. Masih lama,“ kata Melki diakhir kunjungan.

Pasalnya, menurut Wakil Ketua IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena, sikap cepat RS Kariadi untuk mengenbangkan vaksin perlu dikawal.

"Saat ini seluruh negara belum menemukan obat dan vaksin. Oleh karena itu kami mendorong agar pemerintah, swasta kampus rumah sakit dan lain sebagainya untuk membuat inovasi membatu penanganan Covid di negeri ini,” ujarnya di lokasi, Selasa (16/2/2021).

 

Anggota Komisi IX DPR Siap jadi Relawan

Sementara, anggota Komisi IX DPR RI daei Fraksi PDIP Abidin Fikri juga berkomitmen dengan para koleganya untuk mengawal vaksin Nusantara hibgga tuntas. Bahkan hubgga penganggaranbya.

”Kita dan teman-teman siap jadi relawan vaksin nusantara untun uji klinis tahap dua nanti. Dan kita siap mengawal anggarannya. Butuh berapa sih... pokoknya saya yakin vaksin Nusantara ini aman,“ saut Abidin Fikri, berapi-api.

Baca Juga: Siti Fadila Supari dan Panglima TNI, Disuntik Vaksin Immunotheraphy Nusantara oleh Terawan Agus Putranto

Sekadar diketahui, teknologi sel dendritik ini merupakan hasil kerjasama AIVITA biomedical inc, Undip dan pemerintah Indonesia yang diinisiasi mantan Menkes Terawan. Vaksin Nusantara ini menggunakan bahan serum darah masing - masing individu.

Sementara itu, inisiator vaksin Nusantara yang juga mantan Menkes Agus Terawan menegaskan, kehadiran vaksin Nusantara bukan sebagai saingan vaksin sebelumnya.

Bahkan, Kerjasama ini sudah dituangkan dalam Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK.01.07/MENKES/2646/2020 tentang Tim Penelitian Uji Klinis Vaksin Sel Dendritik SARS CoV-2 pada tanggal 12 Oktober 2020 lalu.

Selama ini teknologi dendritic cells (sel Dendritik) masih dilakukan untuk pengobatan kanker. Melalui teknik rekombinan dengan mengambil sel, lalu dikembangkan di luar tubuh, sehingga dengan Teknik tersebut, dapat dihasilkan vaksin. Nantinya, sebagian sel dendritik dikembangbiakkan menjadi vaksin untuk Covid-19.

Dalam dunia kedokteran, Sel dendritik merupakan sel imun yang menjadi bagian dari sistem imun. Dimana proses pengembangbiakan vaksin Covid-19 dengan sel dendritik akan terbentuk antigen khusus, kemudian membentuk antibodi.

Jadi, metode ini hanya pembibitan sel dengan tujuan memproduksi antibodi dalam tubuh. Prosesnya dapat ditunggu sekitar 3 hari. Setelah itu dendritic cells-nya disuntikkan kembali ke dalam tubuh. rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU