Taman Asreboyo Dirancang untuk Gerakkan Ekonomi Warga Surabaya

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 22 Mei 2023 11:35 WIB

Taman Asreboyo Dirancang untuk Gerakkan Ekonomi Warga Surabaya

i

Taman Asreboyo Ngagel Surabaya. Foto: Diskominfo Surabaya.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi didampingi Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Surabaya Rini Indriyani meresmikan Taman Asreboyo (Asli Arek Suroboyo) Ngagel, Kecamatan Wonokromo, Surabaya pada Minggu (20/5/2023).

Dengan luas 853 m2, Taman Asreboyo dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Mulai dari jogging track, Lapangan Basket 3 on 3, Skatepark, arena bermain anak, hingga Wahana Perahu Air.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Kebut Pengerjaan Estetika Kota Lama 

Hamparan tanaman bunga, membentang dari ujung selatan, hingga ke tengah area taman. Selain itu, pepohonan rindang yang menjulang di antaranya, menjadikan asri dan teduh Taman Asreboyo itu. Sama seperti taman lainnya, fasilitas yang disediakan tidak berbayar alias gratis.

Eri mengatakan bahwa dibangunnya taman ini bertujuan agar bisa menggerakan perekonomian warga sekitar. Taman Asreboyo Ngagel merupakan rancangan Eri Cahyadi sejak masih menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya.

Oleh sebab itu, Taman Asreboyo Ngagel juga akan disinergikan dengan perkampungan yang ada di seberang taman, yakni perkampungan di Jalan Darmokali, Kelurahan Darmo, Kecamatan Wonokromo Surabaya.

Kampung akan disulap jadi salah satu kampung wisata khusus produksi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta dipasang dermaga untuk menunjang wisata perahu air.

“Jadi insya Allah Taman Asreboyo, saya ingin taman ini (menjadi) tempat UMKM yang semuanya berjualan. Di samping untuk olahraga, juga ada makanan khas Surabaya untuk UMKM. Nanti di seberang, dari kampung Darmokali termasuk dari Kelurahan Darmo, saya siapkan jadi kampung wisata. Saya sudah bilang ke Pak RT/RW dan camat, nanti secara otomatis kita bisa berjalan di sana,” jelasnya.

Baca Juga: Imigrasi I Surabaya Berhasil Terbitkan Hampir 10 Ribu Paspor

Ia berharap, adanya Taman Asreboyo Ngagel bisa menggerakkan roda perekonomian Kota Pahlawan. Salah satunya melalui produk UMKM.

”Nanti ada UMKM, karena saya terus terang ketika membangun sesuatu maka harus bisa menggerakkan ekonomi masyarakat setempat,” ujarnya.

Orang nomor satu di Kota Surabaya itu menjelaskan, mengenai konsep kampung wisata Jalan Darmokali Surabaya bakal difokuskan pada produksi UMKM dengan kategori kuliner.

"Di Jalan Darmo ada masjid, orang berjualan kita buat UMKM. Makanan-makanan yang disajikan bervariasi, maka akan terlihat ada menu apa saja yang ada di disajikan di taman (Asreboyo). Sehingga pilihannya banyak, orang ke sini menjadi nyaman,” terangnya.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Usulkan SERR ke Pusat

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Surabaya Agus Hebi Djuniantoro menyampaikan bahwa Taman Asreboyo dibuka mulai pukul 07.00 WIB - 22.00 WIB.

Kehadiran taman tersebut diharapkan dapat menggerakkan perekonomian warga sekitar melalui UMKM. Serta, menjadi pilihan tempat berolahraga hingga wisata keluarga. Hebi menuturkan, wahana Perahu Air akan dikelola oleh Disbudorapar Surabaya.

"Wahana Perahu Air akan dikelola oleh Disbudorapar. Kami berharap taman ini bisa menjadi rujukan bagi warga Surabaya, karena lampu-lampu di Taman Asreboyo sangat instagramable,” ujar Hebi. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU