Taman Nasional Alas Purwo Sediakan Gerai Vaksin

Taman Nasional Alas Purwo terletak di Kecamatan Tegaldlimo dan Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Indonesia.SP/ Tourbanyuwangi

SURABAYAPAGI, Banyuwangi – Seluruh destinasi wisata di Banyuwangi saat ini dipoerbolehkan buka dengan syarat tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Salah satu tempat wisata yang dibuka yaitu Taman Nasional Alas Purwo.

Tempat ini dibuka sejak 3 September 2021. Selain menerapkan prokes ketat, pengelola juga menyediakan gerai vaksin. Taman Nasional Alas Purwo memiliki empat objek wisata, yaitu Pantai Pancur, Pantai Tri Tanggul Asri, Pantai Plengkung dan Padang Savana Sadengan.

Kepala Seksi (Kasi) Pengelolaan Taman Nasional Wilayah 1 Alas Purwo, Probo Wresniaji menjelaskan, penyediaan vaksin bagi pengunjung itu bekerja sama dengan Puskesmas Desa Kedungwungu, Kecamatan Tegaldelimo.

"Bagi wisatawan yang hendak masuk dan belum divaksin, kita sudah siapkan vaksin sejak pekan lalu," terang Probo, kemarin.

Sedangkan bagi anak-anak di bawah umur 12 tahun, belum diperbolehkan masuk.

Menurut Probo, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Alas Purwo hingga hari ini tercatat 318 orang. Dari jumlah itu, yang melakukan vaksin ada 28 orang.

Sementara, Kepala Puskesmas Kedungwungu, Heru Prasetyo menjelaskan, pelaksanaan vaksin di tempat wisata itu bertujuan untuk percepatan vaksinasi.

"Vaksin dilaksanakan di pintu masuk Alas Purwo. Kami menyediakan vaksin dosis pertama dan kedua," tambah dia.

Menurut Heru, vaksinasi di Taman Nasional Alas Purwo hanya digelar hari Minggu. Namun pada hari lain, petugas dari Puskesmas Kedungwungu tetap bertugas di sana untuk mengarahkan pengunjung yang belum vaksin menuju ke puskesmas.bw/na