Tambah 616 Pekerja Migran Indonesia Datang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 06 Mei 2021 15:28 WIB

Tambah 616 Pekerja Migran Indonesia Datang

i

 Para PMI di Asrama Haji,  Kamis (6/5/2021). SP/KOMINFO JATIM

SURABAYAPAGI,Surabaya - Kadisnakertrans Jatim Dr Himawan Estu Bagijo menyebutkan  ada  616 Pekerja Migran Indonesia (PMI) mendarat di bandara Juanda pada Kamis (6/5/2021).

616 PMI tersebut terbagi menjadi 4 klote dengan rincian, yaitu  Kloter 1, Tiger Air TR 262 (A320) SIN-SUB, Landing :09.35, berjumlah  91 orang, Kloter 2 Air Asia , QZ321 (A320) Kul-Sub Landing 11.30,  berjumlah 180 pax, Kloter 3 Jetstar Asia 3K 247 (A320) SIN-SUB ETA, Landing : 12.55,  berjumlah 165 orang dan Kloter 4 AIR ASIA QZ325 (A320) Kul-Sub Landing : 17.30, berjumlah 180 orang, Jumlah Total Plan Arrival Pax : 616 orang.

Baca Juga: PMI Ngawi Jemput Bola Layani Donor Darah

Koordinasi Pemulangan PMI pasca karantina dilakukan bekerjasama dengan pemda kab kota se Jatim. Khusus untuk non Jatim dilakukan koordinasi dengan Kadisnaker provinsi asal PMI, data By name by address disampaikan ke Kadisnaker provinsi asal PMI. 

Perjalanan menuju provinsi lain, dilakukan 2 cara, yaitu Tenaga Kerja (Naker) Provinsi Jatim memfasilitasi rujukan travel/pilihan transportasi secara mandiri atau membantu pengantaran ke terminal dan bandara, dan  Naker Prov luar Jatim memfasilitasi.

Baca Juga: THR Karyawan Wajib Dibayar Maksimal H-7 Lebaran, Disnakertrans Jatim: Tidak Boleh Dicicil

Kewajiban naker Prov luar Jatim baik PMI yang pulang mandiri dan difasilitasi tetap  berkewajiban melapor ke Desa Domisili, dan tetap di pantau melalui Disnaker dan Dinkes setempat yang berkoordinasi dengan Satgas COVID setempat.  

Tugas tim naker di satgas pemulangan PMI lainnya adalah melakukan evaluasi terhadap masalah Ketenagakerjaan, dilakukan dengan memilah status kepulangan PMI.  Habis kontrak, Cuti dan akan kembali. 

Baca Juga: Wilayah Terdampak Banjir di Jatim Dapat Bantuan dari PMI Pusat

Sementara itu Kepala UPT  Pelayanan dan Perlindungan Tenaga Kerja (UPT P2TK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jatim, Budi Raharjo mengatakan, bagi PMI yang habis kontrak diberikan kesempatan untuk pelatihan/ vokasi usaha produktif baik melalui Dinas koperasi UMKM maupun BLK dilingkungan Disnakertrans.  

Lebih lanjut Budi Raharjo mengatakan, tim UPT P2TK Disnakertrans Jatim pada Rabu malam telah membantu memberangkatkan Minibus 15 orang PMI Jateng yang pulang secara mandiri, dan Bus  dengan 44 orang yang difasilitasi Disnaker Prov Jateng serta Pengantaran 2 jenazah ke Sampang, PMI dari Malaysia . kom/ana

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU