Tampil Memukai Lawan Slovakia Usai Positif Covid-19

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 25 Jun 2021 12:31 WIB

Tampil Memukai Lawan Slovakia Usai Positif Covid-19

i

Gelandang timnas Spanyol, Sergio Busquets terpilih sebagai Man of the Match. SP/ Eufa

SURABAYAPAGI, Surabaya - Gelandang timnas Spanyol, Sergio Busquets terpilih sebagai Man of the Match atau pemain terbaik saat melawan Slovakia dalam laga pemungkas Grup E 0.  Kepiawaiannya tersebut ia buktikan langsung usai sembuh dari Covid-19.

Busquets dinilai memberikan kontribusi besar dalam kemenangan Spanyol di laga kali ini. Meski tidak ikut menyumbangkan gol bagi Timnas Spanyol, penggawa Barcelona itu berperan penting dalam mengatur permainan tim secara keseluruhan.

Baca Juga: Akhirnya Bajul Ijo Bisa Menang atas Klub Radja Nainggolan

Pertandingan yang digelar di Stadion La Cartuja tersebut berakhir dengan skor 5-0 untuk kemenangan Spanyol. Pesta gol La Furia Roja dibuka lewat gol bunuh diri kiper Slovakia, Martin Dubravka, pada menit ke-30.

Spanyol kemudian menambah gol lagi sebelum babak pertama berakhir. Aymeric Laporte menjadi aktor gol tersebut dengan sundulannya pada menit ke-45+3.

Usai turun minum, Pablo Sarabia berhasil membawa Spanyol unggul 3-0 atas Slovakia dengan golnya pada menit ke-56.

Pada menit ke-67, Ferran Torres turut menyumbangkan gol untuk Spanyol lewat backheel kaki kirinya yang sukses membuat bola bersarang di gawang Slovakia.

Spanyol kembali menambah penderitaan Slovakia pada menit ke-71. Juraj Kucka melakukan gol bunuh diri setelah salah mengantisipasi tandukan Pau Torres di dalam kotak penalti.

Baca Juga: Saatnya Menang, Rek!

Sergio Busquets tercatat melakukan 51 kali umpan dengan tingkat kesuksesan 86%. Dari jumlah tersebut dua diantaranya merupakan bagian dari skema terciptanya gol Spanyol di laga kali ini.

Pengamat Teknis UEFA, Gines Melendez, memberikan alasan atas keputusannya menunjuk Busquets sebagai Man of the Match di laga kali ini. Menurutnya, pemain 32 tahun itu memiliki peran penting dalam keseimbangan permainan Timnas Spanyol.

"Permainan yang sempurna," ujar Ginez, Jumat (25/6/2021)

"Dia (Busquets)membawa keseimbangan bagi tim dalam serangan dan pertahanan. Contoh penentuan posisi dan kecerdasan sepak bola," tandasnya.

Baca Juga: Garuda Disingkirkan Australia, Meski Gameplay Timnas Sudah Berkembang

Pada dua laga sebelumnya, Sergio Busquets terpaksa absen karena sempat terpapar Covid-19.

Sementara itu, terpilihnya Busquets sebagai Star of The Match tak terlepas dari peran vitalnya di sektor tengah Spanyol. Gelandang Barcelona itu mampu menyeimbangkan lini tengah Spanyol dalam hal menyerang dan bertahan.

Menurut catatan WhoScored, Busquets menyelesaikan 44 dari 51 operan serta membuat dua umpan kunci. Selain itu, dia jugamemenangkan tiga duel udara yang dilakukan di area pertahanan Spanyol serta membukukan satu tekel dan satu intersep. Dsy14

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU