Tampung Keluhan Warga Dupak, Polres Pelabuhan Tanjung Perak Gelar Program Jum'at Curhat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 10 Feb 2023 13:00 WIB

Tampung Keluhan Warga Dupak, Polres Pelabuhan Tanjung Perak Gelar Program Jum'at Curhat

i

Program Jum'at Curhat di Balai RW 04 Kelurahan Dupak, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, Jum’at (10/02/2023). SP/Ariandi.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menggelar program Jum’at Curhat di Balai RW 04 Kelurahan Dupak, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya pada Jum’at (10/02/2023). Program tersebut bertujuan untuk menampung masukan, kritik dan keluhan masyarakat terkait pelayanan kepolisian serta situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"Kegiatan Jum’at Curhat merupakan progam Kapolri agar Polri turun ke masyarakat, untuk mendengarkan curhat langsung warga terkait permasalahan warga, maupun terkait pelayanan Polri," kata Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Herlina, Jum’at (10/2/2023)..

Baca Juga: Wali Kota Surabaya Eri Resmikan Gedung Baru PMI

Sementara itu, Kapolsek Krembangan Kompol Sudaryanto mengungkapkan bahwa Polri dengan masyarakat saling membutuhkan untuk menciptakan Harkamtibmas yang kondusif dan warga harus bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri agar dapat mengamankan dirinya sendiri.

Dalam kesempatan itu, Toga Kelurahan Dupak Surabaya H. Sunarto mengapreiasi program Jum’at Curhat tersebut. Ia pun mengaku senang bisa langsung berbincang dengan Kapolres yang baru terkait perkembangan Kamtibmas yang ada di wilayahnya.

 “Mewakili warga kami mengapresiasi Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, khususnya dapat bertemu langsung dengan Kapolres sehingga apa yang menjadi keluhan warga kami terkait maraknya curanmor dan isu penculikan anak harus ada langkah tegas dari kepolisian,” ujar Sunarto.

Mendengar keluhan dan masukan terkait maraknya curanmor tersebut, AKBP Herlina mengharapkan warga dapat membantu tugas kepolisian dalam menjaga kamtibmas. Menurutnya, tidak memungkinakan jika hanya pihak kepolisian yang menangani permasalahan tersebut.

"Pihak Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sampai saat ini belum pernah menerima laporan tentang penculikan anak. Namun, tetap waspada jika sekiranya ada seseorang yang mencurigakan, langsung kita sapa dengan baik atau menghubungi pihak keamanan terdekat Polsek," ujarnya.

Baca Juga: DSDABM Kota Surabaya Akan Segera Tuntaskan 245 Titik Banjir di Surabaya

Selain isu penculikan, masalah lain yang turut dilaporkan yakni terkait prostitusi terselubung. Warga mengharapkan adanya patroli dari pihak kepolisian Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Di samping itu, Ketua RW 01 Kelurahan Dupak Joko menanyakan untuk SIM Cak Bhabin khususnya di wilayah hukum Polsek Krembangan apakah berjalan.

“Terkait SIM Cak Bhabin ke depannya akan kami koordinasikan dan secepatnya dilaksanakan untuk memudahkan masyarakat proses pembuatan SIM di masing-masing kelurahan untuk memutus mata rantai biro jasa (calo),” jawab AKBP Herlina.

Usai mendengar seluruh keluhan dan masukan warga, AKBP Herlina mengucapkan terima kasih kepada para warga yang telah menyuarakan pendapatnya. Ia pun menegaskan bahwa pihaknya tengah mengerahkan berbagai upaya untuk menindaklanjuti keluhan mereka.

Baca Juga: Wali Kota Surabaya Minta Surveyor Gali Informasi untuk Atasi Kemiskinan

Lebih lanjut, ia menuturkan akan mengoptimalkan patroli dan monitoring untuk menekan tindak kriminalitas di wilayah hukumnya.

“Saya ucapkan terimakasih kepada seluruh perwakilan atas masukan serta keluhan ini sehingga dapat menjadi bahan evaluasi bagi kami kepolisian agar dapat mengoptimalkan kegiatan patroli khususnya seperti yang disampaikan tadi yakni dari segi Kamtibmas di wilayah Polres Pelabuhan Tanjung Perak” pungkasnya.

Selain menjadi momen bagi warga untuk menyampaikan aspirasi, AKBP Herlina berharap program ini juga dapat menjadi ajang silaturahmi dan meningkatkan sinergitas Polri bersama masyarakat di wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. ari

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU