Tanam Pohon Jaga Kelestarian Hutan Lindung

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 06 Jan 2021 18:20 WIB

Tanam Pohon Jaga Kelestarian Hutan Lindung

i

Kegiatan penghijauan di wilayah terdampak erupsi Gunung Semeru, Dusun Sumbersari Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (6/1/2021). SP/Lim

 

SURABAYAPAGI.COM, Lumajang - Danramil 0821/14 Pronojiwo Kapten Inf Dedy Siswantono meminta, agar masyarakat untuk ikut peduli terhadap areal hutan lindung, dengan melaksanakan kegiatan penanaman kembali areal hutan yang gundul.

Baca Juga: Pilu! Disabilitas Asal Lumajang Jadi Korban Rudapaksa Orang Tak Dikenal hingga Hamil dan Melahirkan

“Untuk menunjang terwujudnya kelestarian alam, masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kepedulian diri terhadap areal hutan lindung, dengan rajin menanam berbagai macam jenis pohon di lokasi hutan yang gundul, agar dapat memberikan manfaat sampai anak cucu kelak,” ujar dia dalam kegiatan penghijauan di wilayah terdampak erupsi Gunung Semeru, Dusun Sumbersari Desa Supiturang Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Rabu (6/1/2021).

Dedy juga menyampaikan, bahwa banyak pohon yang tumbang akibat erupsi Gunung Semeru. Oleh karena itu, pihaknya siap membantu melaksanakan penanaman kembali hutan yang terdampak, agar kelestarian alam tetap terjaga.

“Melaksanakan reboisasi (penanaman kembali hutan yang tandus, red) sangat penting dilakukan, agar kelestarian alam tetap terjaga,” katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Rehabilitasi Lahan dan Pemberdayaan Manusia (Kasi RLPM) Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Ahmad Yani menerangkan, bahwa penanaman bibit pohon pasca erupsi Gunung Semeru diharapkan dapat mengembalikan kelestarian alam di wilayah lereng Gunung Semeru.

Baca Juga: Gudang Peluru Kadaluarsa Milik Kodam Terbakar, Tanpa Korban

Lanjut dia, dalam kegiatan tersebut akan ditanam 45.010 bibit pohon yang terdiri dari bibit pohon sengon, bendo, durian, nangka, kayu putih, sirsak, dan pete, yang nantinya tersebar di areal lahan seluas 1 hektare.

“Peran serta masyarakat sangat diperlukan, agar bibit pohon yang ditanam dapat tumbuh dengan baik, sehingga kelestarian alam lereng Gunung Semeru dapat terpelihara,” pungkasnya. Lim

 

Baca Juga: Pilkada Lumajang 2024, Elektabilitas Cak Thoriq Tak Terkejar

 

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU