Tanggul Kali Mengkuli Jebol, Genangi Jalan dan Sawah

Alat berat sudah dikerjakan untuk menutup dan menormalisasi tanggul yang jebol di Dusun Foto Gede, Desa Gedangan Kec Sukodadi Lamongan. SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Lamongan hampir sebulan ini akhirnya berdampak. Tanggul di Sungai Mengkuli Jebol tepatnya di Dusun Doro Gede Desa Gedangan Kecamatan Sukodadi. Akibatnya puluhan hektar lahan sawah dan jalan desa terendam.

Jebolnya tanggul sungai ini, seperti disampaikan oleh Muslimin Kasi Tanggap Darurat BPBD Lamongan, terjadi pada Minggu (13/12/2020) pagi sekitar pukul 06:46 WIB.

Dimana sebelumnya pada malam harinya hingga pagi telah terjadi hujan dengan intensitas tinggi di wilayah kecamatan Sukodadi. Sangking derasnya hujan, debit air sungai Mengkuli meningkat sehingga mengakibatkan tanggul yang berada di Dusun Doro Gede Desa Gedangan Jebol.

Jebolnya tanggul ini kata Muslimin terjadi di tiga titik, dengan ukuran kurang lebih 20-25 meter. Akibat jebolnya tanggul ini, merendam area persawahan dan jalan di desa tersebut.

Selain merendam persawahan dan jalan di Desa itu kata Muslimin, jebolnya sungai Mengkuli ini juga merendam persawahan di Desa Rancang yang bersebelahan dengan Dusun Diri Gede. 

Bahkan jalan penghubung di Dusun Doro Gede dan Desa Rancang rusak dengan panjang kerusakan kurang lebih 20 meter. "Ketinggian air yang merendam jalan rata-rata di atas ketiak kaki orang dewasa," terang Muslimin menerangkan.

Berbagai upaya untuk mengantisipasi melebarnya tanggul yang jebol, Pemerintah Daerah melalui BPBD terus berupaya untuk melakukan langkah-langkah antisipatif, salah satunya terus melakukan koordinasi dengan Kepala Desa, mengirimkan bahan banjiran berupa, Gedek Guling 12 Lembar, Bongkotan 25 batang, dan terpal 5 lembar.

Selain itu, pihak BPBD juga sudah mendatangkan alat berat bego, untuk membantu memadatkan tanah untuk kembali menutup lubang bekas jebolnya tanggul. "Iya sekarang sudah ada alat berat nego, untuk membantu mempercepat proses penanganan tanggul yang jebol," ungkapnya.

Ia berharap dengan langkah cepat yang dilakukan oleh BPBD ini, semua bisa teratasi dan pihaknya juga berharap tidak ada lagi tanggul yang jebol. jir