Taruna Merah Putih: Kades Terpilih Harus Mampu Bangun Desa Secara Kondusif

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 24 Jun 2022 18:14 WIB

Taruna Merah Putih: Kades Terpilih Harus Mampu Bangun Desa Secara Kondusif

i

Enryco Budi dan Sumasdi Priyo Utomo ST Kader dan Tokoh DPC TMP Sidoarjo

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 84 desa di wilayah Sidoarjo berjalan lancar, aman dan kondusif. Hal ini mendapat apresiasi kaum muda Sidoarjo Taruna Merah Putih (TMP).

"Saya ucapkan selamat dan sukses kepada para kades terpilih sebagai pengemban amanah warga desa di Kabupaten Sidoarjo, sebagai pemimpin, pengayom juga sebagai figur yang menjalankan amanah untuk membangun desa di segala bidang demi kemajuan desa," tandas Sumasdi Priyo Utomo ST Kabid Kemasyarakatan,Aksi dan Advokasi DPC Taruna Merah Putih  Sidoarjo.

Disebutkan lebih lanjut calon kepala desa yang menang dan kalah merupakan hal yang biasa, dan pada akhirnya setelah mengikuti rangkaian proses pemilihan yang cukup panjang hanya akan mendapatkan satu pemenang yang wajib mengemban amanah masyarakat sebagai pimpinan yang baik dan bijak.

Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Ekonomi Rakyat dan UMKM DPC Taruna Merah Putih Sidoarjo Enryco Budi, dalam hal ini berpesan kepada para kepala desa terpilih agar menjalankan tugas dengan sebaik baiknya. Sebab, untuk menuju tercapainya Kabupaten Sidoarjo yang makmur sejahtera.

‘’Keberhasilan Sidoarjo menjadi tanggung jawab pemerintahan desa untuk ikut mendukung dan mewujudkannya, pergerakan ekonomi kerakyatan dan UMKM yang di awali dari tingkat desa,’’ ujarnya.

Lebih lanjut, menurut Enryco, kepala desa terpilih mendapat kesempatan yang mulia untuk membangun desa di segala bidang dan hal ini harus benar-benar dapat di laksanakan dengan penuh dedikasi tinggi dan tanggung jawab, serta diiringi dengan semangat untuk bersama-sama warganya membangun desa.

"Bila seluruh Kades terpilih bisa berperan sebagai kepala desa yang sukses membangun dan mengayomi warganya maka, secara umum Kabupaten Sidoarjo semakin maju, mandiri dan berdaya saing tangguh,’’ katanya.

Enryco juga berharap agar kepala desa terpilih segera melakukan konsolidasi dan merangkul semua komponen masyarakat, karena peran dan partisipasi masyarakat sangat diperlukan dalam pembangunan desa.

"Seorang kepala desa harus memastikan semua program dan kegiatan tepat sasaran, karena hal ini akan berpengaruh besar pada tingkat kepercayaan masyarakat dalam kinerja seorang kepala desa untuk membangkitkan perekonomian kerakyatan," tandasnya.

Menurutnya, hal ini yang perlu dipahami oleh para kades terpilih di seluruh desa di Sidoarjo, sebab yang jadi pertanyaan utama, apakah Kades terpilih mampu menjalankan amanahnya sebagai pemimpin.

Saat ini pemerintah pusat memberikan anggaran yang begitu besar bagi desa, nilainya mencapai miliran rupiah. Tak sekedar anggaran saja, menjadi seorang kades juga mesti mampu menghadapi kondisi sosial masyarakatnya sebab hal Ini sebagai harapan yang diinginkan masyarakat.

‘’Kesadaran masyarakat Sidoarjo, dalam berdemokrasi semakin baik dan akan memunculkan pemimpin-pemimpin yang kompeten. Dengan konstituen yang sadar politik-demokrasi ada harapan besar bagi Kota Delta menjadi daerah yang maju. Karena modal penting yakni wargnya yang sudah melek politik menjadi aset berharga bagi kota ini,’’jelasnya.

“Mendorong kepada masyarakat untuk melek politik, dewasa dalam demokrasi,  menjadi modal utama dalam pembangunan Sidoarjo." tutup Enryco. ( Hik )

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU