Team Jihandak Brimob Polda Jatim Evakuasi 26 Granat di Blitar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Sabtu, 12 Nov 2022 10:14 WIB

Team Jihandak Brimob Polda Jatim  Evakuasi 26 Granat di Blitar

i

Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono mendatangi lokasi penemuan granat. SP/Hadi Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Warga dusun Kambingan Desa Dayu Kecamatan Nglegok Kabupaten Blitar kemarin (Jumat 11/11) dikejutkan temuan 6 granat di lahan kosong milik Ibu Alminah 60 warga setempat sekitar pukul 13.00 WIB.

Atas temuan itu langsung perwakilan warga setempat melapor ke Polsek Nglegok, oleh Kapolsek Nglegok Iptu Nurbudi Santoso diteruskan ke Polres Blitar Kota.

Baca Juga: Tipu Rekanan dengan Modus Kontrak Fiktif Rp 11 M, 2 Bos PT MBS Ditahan

Penemuan yang kala itu berjumlah 6 buah granat tersebut dibenarkan langsung oleh Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono SH S.IK M.Si kepada wartawan di lokasi penemuan, saat meninjau lokasi temuan Granat.

"Sementara kita ketahui sesuai laporan ada 6 granat, segera kita amankan tkp penemuan granat, guna menjaga hal hal yang tidak kami inginkan, memang benar sedikit nèyèng (berkarat) kami langsung koordinasi dengan Team Jihandak Brimob Polda Jawa Timur, guna evakuasi dan pendalaman lebih lanjut." Kata AKBP Argowiyono pada wartawan di TKP.

Untuk diketahui penemuan granat yang ketika itu hanya 6 buah granat, di lahan kosong milik Bu Alminah 60 di Dsn. Kambingan RT 02/RW 09 Ds. Dayu Kec. Nglegok Kab Blitar.

Sesuai laporan awal ang menemukan pertama kali Suyadi 35 (Anak sari Ibu Alminah) akan menggali tanah untuk membuat pondasi rumah.

"Saat menggali tanah sedalam hampir 1 meter, cangkulnya Suyadi menatap sebuah besi, untuk mengetahui apa yang mengenai cangkulnya, setelah besi diambil saksi, barulah diketahui bahwa itu adalah Granat, sebelum melaporkan temuannya, Suyadi mencoba memastikan di dalam lubang galian ternyata di dalam nya ada 6 buah granat," ungkap Kapolsek Nglegok Iptu Nurbudi saat dampingi Kapolres Blitar Kota AKBP Argowiyono.

Baca Juga: Polda Jatim: Angka Laka Lantas Turun 43 Persen

Setelah itu Polsek Nglegok dan Polres Blitar Kota melaksanakan pengamanan di area penemuan dengan memasang garis Police Line sambil menunggu bantuan Team Jihandak dari Brimob Polda Jatim.

Sekitar pukul 19.00 wib, Team Jihandak Brimob Polda Jatim tiba di lokasi dan setelah dilaksanakan pemeriksaan, evakuasi dan sterilisasi oleh Team Jihandak Brimob Polda Jatim selesai pukul 20.35, akhirnya granat yang berhasil ditemukan seluruhnya berjumlah 26 buah, terdiri dari 20 granat utuh dan 6 dalam bentuk serpihan.

Baca Juga: Polda Jatim Tetapkan 3 Selebgram Sebagai Tersangka Kasus Investasi Bodong

"Granat tersebut berjenis fragmentasi dengan kondisi sudah berkarat. Saat ini granat berjumlah 26 buah tersebut sudah diamankan oleh Tim Jihandak Brimob Polda Jatim dan akan dilakukan disposal." Papar AKBP Argowiyono saat saksikan evakuasi ke 26 granat tersebut pada wartawan.

Pamen Polisi yang cetuskan SULING (Subuh Keliling) ini menghimbau pada warga masyarakat apabila menemui peristiwa seperti ini (penemuan bahan peledak) atau sejenisnya segera melapor ke Polisi.

"Alhamdulillah ke 26 granat di kedalaman tanah 1 meter berhasil ditemukan dan dievakuasi oleh Team Jihandak Brimob Polda Jawa Timur, ayo kita jaga bersama keamanan dan ketertiban masyarakat di Wilayah hukum Polres Blitar Kota." Pungkas dan harapan AKBP Argowiyono. Les

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU