Tekad Rajin Sedekah, Kini Sukses Jadi Pengusaha Kelapa Sawit

Heppy Trenggono. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Heppy Trenggono dikenal sebagai pengusaha dibidang kelapa sawit yang berasal dari Jawa Tengah. Perusahaannya bernama United Balimuda Group. Kebun kelapa sawitnya berada di Wilayah Sumatera dan juga kalimantan dimana total luas pekebunannya mencapai 80.000 Ha. Selain kelapa sawit, ia juga berbisnis alat-alat berat serta industri makanan.

Banyaknya pengalaman yang ia dapat menjadikan Heppy Trenggono berani utnuk memilih berhenti dari pekerjaannya saat itu karena ingin tantangan yang baru dan kemudian memutuskan menjadi pengusaha dan mendirikan perusahaan PT Balimuda Persada, sebenarnya perusahaan ini sudah ia dirikan ketika masih bekerja di stasiun televisi namun kurang fokus ke perusahaannya tersebut sehingga ia memilih keluar dari perusahaan televisi tersebut dan fokus ke perusahaanya tersebut, Jumat (11/6/2021).

Ia kemudian memilih bidang usaha kelapa sawit ketika itu karena saudaranya juga menggeluti bisnis yang sama ketika itu sehingga ia sudah terbiasa. Lambat laun perusahaan dan usahanya berkembang dengan pesat, kemudian untuk memperluas ekspansi ia kemudian berani mengajukan pinjaman ke Bank Niaga ketika itu untuk membeli alat berat untuk membantu usahanya.

Namun kemudian badai melanda bisnisnya. Ketika terlena dalam bisnisnya ia tidak dapat mengontrol dirinya sehinggga ia tidak mampu untuk melunasi pinjamannya ketika itu dan bank Niaga kemudian memvonis dirinya memiliki pinjaman sebanyak 63 Milyar ketika itu.

Kini perusahaanya sekarang makin berkembang pesat bukan hanya fokus pada bisnis kelapa sawit melainnkan juga merambah pada bisnis alat berat dan industri makanan dengan mendirikan perusahaan bernama Heppyfoods. Bisnisnya sekraang bernilai 7 Trilyun rupiah dan tidak punya hutang sama sekali. Ia memiliki 12 anak perusahaan dan juga memiliki 3000 pegawai.

Sampai sekarang, ia masih sering memberikan sarapan kepada para kaum dhuafa atau fakir miskin dirumahnya di Jl. Mampang Prapatan. Sebab ia percaya bahwa berbagi dengan sesama akan membawa manfaat yang berarti baginya.

Tidak hanya itu diperusahaanya pun, ia menerapkan prinsip 'inspiring and giving the world' dan sering memberikan motivasi kepada para karyawannya, gaya kepemimpinan Heppy Trenggono pun menjadi teladan dan inspirasi bagi perusahaannya. Dsy10