Tekan Fatality Rate Sidoarjo, 200 Ibu Hamil Divaksin Covid-19

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor saat berdialog dengan ibu hamil yang akan divaksin. SP/Sugeng Purnomo

SURABAYAPAGI.COM, Sidoarjo - Ratusan ibu hamil yang berdomisili di Sidoarjo khususnya untuk wilayah Sidoarjo Urangagung, Sekardangan dan Candi, Kamis (26/8/2021) telah mengikuti vaksinasi Covid-19 dosis pertama sinovac di Ruang Hemodialisis Lt.4 RSUD Kabupaten Sidoarjo. 

Dimana diketahui Ibu hamil memiliki sistem imunitas tubuh yang rendah, sehingga lebih rentan untuk mengidap penyakit atau infeksi. Mengingat ibu hamil memiliki sistem imunitas tubuh yang rendah, COVID-19 bisa saja menginfeksi kapanpun. 

Meski gejala umum yang dialami akan sama saja dengan pengidap lainnya, akan tetapi ibu hamil memiliki gejala yang lebih parah karena Virus corona pada ibu hamil akan membuat sejumlah penyakit yang telah ada menimbulkan gejala yang parah, bahkan menjurus pada kehilangan nyawa. Selain itu, wanita hamil yang terkena COVID-19 yang parah juga berisiko mengalami persalinan preterm, keguguran, hingga kematian. 

Hal ini yang menjadi alasan bagi Pemerintah bersama Dinas Kesehatan dan RSUD Kabupaten Sidoarjo untuk menyelenggarakan segara vaksinasi bagi Ibu Hamil.

Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor yang hadir secara langsung untuk meninjau proses vaksinasi ini, serta memberikan semangat kepada para peserta vaksin. Pada kesempatan ini Gus Muhdlor juga menyampaikan jika kegiatan ini merupakan salah satu langkah yang diambil oleh Pemerintah Kabupaten Sidoarjo agar ada vaksin untuk Ibu Hamil, dan untuk penanganannya harus dikhususkan, serta dianjurkan untuk mencantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi apabila nantinya setelah Ibu Hamil menerima vaksin dan ada efek samping maka penangananya akan cepat.

"Hal ini lebih ditekankan karena fatality rate yang ada di Sidoarjo banyak terjadi pada ibu hamil untuk itu vaksinasi ini harus kita dorong sehingga memberikan efek yang baik kedepannya dan harapan saya ketika pengawalan ini ada ibu hamil akan merasa senang karena sudah diperhatikan oleh Pemerintah sehingga semua berjalan beriringan anak dan ibunya sehat," katanya.

Dan pelaksanaan vaksinasi ini bukan hanya dilaksanakan di RSUD saja melainkan akan dilanjutkan di Puskesmas-puskesmas yang ada di Kabupaten sidoarjo dan kuota bagi ibu hamil akan disiapkan sebanyak-banyaknya dan diprioritaskan bagi ibu hamil .  

Dirut RSUD Sidoarjo Dr Atok Irawan menyampaikan pada saat ini telah disiapkan 200 vaksin bagi ibu hamil dengan syarat usia kehamilan 3 bulan keatas, tidak memiliki tekanan darah di atas 140/90, tidak ada komorbid serta bukan penyitas Covid-19 selama 3 bulan. Sg