Tekan Impor Daging, BUMN Akan Beli Peternakan Sapi di Belgia

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 02 Mei 2021 13:50 WIB

Tekan Impor Daging, BUMN Akan Beli Peternakan Sapi di Belgia

i

Peternakan sapi Belgia. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta – Kementerian BUMN akan membeli peternakan sapi di Belgia karena kualitas sapi di peternakan Belgia dinilai bagus. Salah satunya, Belgian Blue yang beratnya kurang lebih 900 kilogram sampai dengan 1,2 ton. Tak hanya dari Belgia, pemerintah juga membuka peluang serupa bagi negara lain yang memiliki peternakan sapi. Misalnya, dari Australia dan Meksiko.

Tidak hanya rencana membeli peternakan, Menteri BUMN Erick Thohir juga mempertimbangkan untuk mendatangkan investor ke peternakan di Indonesia. Dalam hal ini, mereka nantinya bekerja sama dengan BUMN terkait.

Baca Juga: Erick Thohir, Apa Lemah Nasionalismenya, Terus "Belanja" Pemain Naturalisasi

"Juga alternatif yang kami buka apabila kami membawa perusahaan dari luar untuk masuk ke Indonesia sebagai investor, apakah sebagai mayoritas atau minoritas, 51:49 itu bisa kami diskusikan," terangnya, Minggu (2/5/2021).

Selanjutnya, Niat Erick Thohir tersebut disampaikan kepada Duta Besar Indonesia untuk Belgia Andri Hadi lewat sebuah webinar belum lama ini. Hal tersebut, lanjut Arief, ditindaklanjuti oleh RNI dengan bertemu dengan atase perdagangan di Belgia dan mengundang akademisi serta tokoh pangan untuk menilai rencana tersebut.

Baca Juga: Pegawai BUMN akan Libur 3 Hari Sepekan

"Banyak yang kami pelajari, ini belum final tapi ini terobosan yang harus dilakukan oleh klaster pangan, karena problem dan tantangannya (sektor peternakan) sama tiap tahun tapi perlu terobosan," jelasnya.

Sebelumnya, Erick menyampaikan rencana membeli peternakan sapi di Belgia kepada Dubes Indonesia untuk Belgia Andri Hadi. Pembelian akan dilakukan lewat perusahaan pelat merah.

Baca Juga: Dipicu Harga Pakan, Komoditas Telur dan Daging Ayam Naik di Pasar Tradisional Lamongan

"Kalau ada peternakan sapi di Belgia Pak Dubes, mau dijual pak. Peternakannya Pak Dubes kalau ada," ungkap Erick beberapa waktu lalu.

Nantinya, peternakan tersebut ditargetkan menjadi pemasok kebutuhan daging sapi di Indonesia. karena Indonesia selalu impor daging sapi setiap tahun. "Masa Indonesia impor sapi terus 1,5 juta setiap tahun. Kalau peternakan nanti BUMN yang beli," ujar Erick. Dsy11

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU