Tekan Inflasi, Pemkab Ngawi Gelar Operasi Pasar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 08 Mar 2023 10:34 WIB

Tekan Inflasi, Pemkab Ngawi Gelar Operasi Pasar

i

Operasi pasar murah di Ngawi. Foto: Antara.

SURABAYAPAGI.COM, Ngawi - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngawi bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggelar operasi pasar untuk mengendalikan harga sejumlah bahan kebutuhan pangan yang biasanya mengalami kenaikan menjelang puasa dan Lebaran 2023.

Wakil Bupati (Wabup) Ngawi Dwi Rianto Jatmiko mengatakan, operasi pasar digelar dengan tujuan untuk menekan laju inflasi akibat ketidakstabilan harga bahan kebutuhan pokok di pasaran yang biasanya cenderung naik saat hari raya.

Baca Juga: Sungai Meluap, 30 Rumah Warga Ngawi Terendam Banjir

"Momentum hari raya keagamaan biasanya terjadi lonjakan permintaan terhadap bahan kebutuhan pokok, sehingga harga-harga mulai naik. Melalui operasi pasarm harapannya harga di pasaran bisa stabil," kata Dwi Rianto Jatmiko di Ngawi, Jatim, Selasa (7/3/2023).

Wabup yang akrab disapa Antok itu mengatakan, Pemkab bersama instansi terkait memberikan subsidi harga dalam operasi pasar tersebut, sehingga masyarakat mendapatkan bahan pangan dengan harga lebih murah dari pasaran.

Adapun sejumlah bahan pangan yang dijual murah pada operasi pasar tersebut di antaranya beras, gula pasir, minyak goreng, bawang putih, bawang merah dan telur ayam ras.

Baca Juga: Pedagang Sayur Tewas Tertabrak KA di Ngawi

Ia menjelaskan, Pemkab Ngawi menggelontorkan sebanyak 6,5 ton kemasan 5 kilogram dengan harga Rp10.000 per kilogram dalam operasi pasar tersebut. Sementara harga beras medium di pasaran masih di kisaran Rp10.500-Rp12.000 per kilogram. Demikian juga untuk harga komoditas lainnya yang lebih murah dari pasaran.

Menurut Antok, antusiasme masyarakat cukup tinggi untuk membeli bahan pangan terutama beras murah yang menjadi primadona dalam kegiatan tersebut.

Baca Juga: Bus Rombongan Kader Partai Hanura Terguling dan Hantam Pembatas Jalan di Tol Ngawi, 3 Orang Tewas

Lebih lanjut, ia menambahkan, meski sudah ada kegiatan operasi pasar, ia meminta masyarakat untuk membeli secukupnya dan tidak memborong apalagi menimbun.

Ia menegaskan bahwa Pemkab Ngawi akan terus berkoordinasi dengan Bulog, beberapa BUMN, dan mitra lainnya untuk memastikan pasokan dan stok beras dan bahan pangan lainnya di wilayahnya tercukupi untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadhan dan Lebaran 2023. ng

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU