Tekan Kasus Covid-19, Kab. Jember Anggarkan Rp 479 miliar

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 04 Nov 2020 14:38 WIB

Tekan Kasus Covid-19, Kab. Jember Anggarkan Rp 479 miliar

i

Suasana operasi yustisi di Kabupaten Jember. SP/ JT

SURABAYAPAGI.com, Jember - Pemerintah Kabupaten Jember mengimbau masyarakat untuk selalu mematuhi protokol Kesehatan Covid-19 dikarenakan setiap hari selalu ada penambahan. Walau tidak mengalami kenaikan secara signifikan, namun bertambahnya kasus tersebut membuktikan rendahnya penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat, Rabu (04/11/2020).

Mengenai kasus tersebut, Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Jember Mat Satuki, menegaskan untuk pentingnya mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah cluster penyebaran Covid-19. 

Baca Juga: Gudang Tembakau PTPN X Kebun Ajung Jember Hangus Terbakar saat Sahur

"Walaupun sudah dilakukan pengawasan terhadap gerakan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak tapi kesadaran masyarakat rendah, ya sulit," ujarnya.

Melihat bertambahnya kasus Covid-19 di Kabupaten Jember membuat Mat Satuki prihatin dengan kedisiplinan masyarakat yang dinilai masih kurang. Berbagai fasilitas umum untuk mendukung upaya penerapan protokol kesehatan, seperti tempat mencuci tangan telah disediakan, namun jarang digunakan masyarakat.

Saat ini kata Mat Satuki, pengawasan terhadap protokol kesehatan untuk lebih diketatkan lagi oleh Satgas. Selain melakukan edukasi juga menerapkan sanksi tegas dalam operasi yustisi.

Baca Juga: Pantai Cemara Jember Diterjang Banjir Rob

"Jadi bukan hanya sarana dan prasarananya saja, tetapi lengkap dengan pengawasan," tuturnya.

Penerapan operasi yustisi rutin tersebut dilakukan setiap minggu oleh Satgas Covid-19. Dikarenakan walaupun Satgas Covid-19 sudah diberikan edukasi, himbauan akan tetapi masih ada peningkatan kasus, setidaknya dengan dilakukannya operasi disertai sanksi akan menekan laju kenaikan kasus.

Baca Juga: Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten di Jember Diperpanjang

Dalam menenkan angka kasus Covid-19 ini Kabupaten Jember sudah membuat pos anggaran penanganan Covid-19 terbesar kedua di RI, yakni sebesar Rp 479 miliar. Sampai hari ini, dari keterangan Mat Satuki anggaran yang telah digunakan sebesar Rp 127 miliar.

Dari data Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Jember, setiap hari dalam tiga hari terakhir jumlah kasus positif Covid-19 mengalami kenaikan lebih dari 10 orang. Rinciannya, jumlah positif 1.273 orang, pasien sembuh 1.075 orang, pasien dalam perawatan 14 orang, sementara 57 orang meninggal dunia. dsy9

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU