Teknologi Pendidikan UNESA Beri Pelatihan Video Pembelajaran bagi Guru TK di Surabaya dan Sidoarjo

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 28 Nov 2023 20:36 WIB

Teknologi Pendidikan UNESA Beri Pelatihan Video Pembelajaran bagi Guru TK di Surabaya dan Sidoarjo

i

Pelatihan video pembelajaran bagi guru taman kanak-kanak dan pendidikan anak usia dini.

SURABAYAPAGI, Surabaya - Program studi S1 Teknologi Pendidikan UNESA memberikan pelatihan video pembelajaran bagi guru taman kanak-kanak dan pendidikan anak usia dini. Pelatihan ini dilaksanakan di kecamatan Pakal Surabaya bekerja sama dengan K3TK kecamatan Pakal dan TK/PG/TPA Ar Rasyid, Waru, Sidoarjo. 

Pelatihan ini bertujuan untuk implementasikan mata kuliah Pengelolaan Pelatihan dan Evaluasi Program dalam rangka mendukung kampus merdeka.  Dengan kegiatan ini, mahasiswa dapat secara langsung mengimplementasikan materi perkuliahan di lapangan secara kontekstual. Implementasi dari kerjasama antara Program Studi Teknologi Pendidikan dengan K3 TK dan TK/PG/TPA Ar Rasyid, Waru, Sidoarjo. 

Baca Juga: Program Studi S1 Teknologi Pendidikan Menghasilkan Edutechnopreneurship

Pelaksanaan pelatihan yang dilakukan oleh mahasiswa menerapkan atau mengintegrasikan berbagai mata kuliah yang telah diperoleh mahasiswa dan melatih mahasiswa untuk bernegosiasi, komunikasi, pemecahan masalah, dan berkolaborasi, jelas Dr. Fajar Arianto, M.Pd selalu dosen pengampu mata kuliah Pengelolaan Pelatihan.

 Mahasiswa terlatih melaksanakan dan mengevauasi hasil sesuai dengan keilmuan Evaluasi Program, sehingga tercipta mahasiswa yang mampu mengelola dan memperbaiki kinerjanya, ujar Hirananda Dimas Pradana, M.Pd.   

unesa_2unesa_2

Baca Juga: Gelar Rapat Anggota Tahunan, KSDR Laporkan Kinerja Keuangan Tahun 2023

Pelatihan pengembangan media pembelajaran yang berbasis digital membantu guru mengembangkan media yang menarik untuk siswa anak usia dini, ujar Ibu ida Ariyanti.  

 Ibu Lilik Af'idah, ustadzah dari TK/PG/TPA Ar Rasyid menyampaikan, "Pelatihan pengembangan media pembelajaran menggunakan Canva yang diadakan oleh mahasiswa jurusan teknologi pendidikan ini sangat membantu para ustadzah dalam membuat video pembelajaran yang digunakan untuk proses pembelajaran anak-anak. 

Baca Juga: Roti 7 Lapis DPKP Surabaya Jadi Percontohan Nasional

Pelatihan ini juga, katanya, dapat memberikan pengalaman dan wawasan baru tentang kecanggihan teknologi yang dapat digunakan secara praktis dan mudah.” Media yang dipilih dalam pelatihan ini sangat cocok dengan kebutuhan ustadzah dalam pembuatan video sehingga dapat menambah motivasi para ustadzah dalam membuat konten. Saya sangat menyambut dan senang sekali bisa bertemu dengan mahasiswa teknologi pendidikan UNESA”.

 Setyo Nugroho, mahasiswa Teknologi Pendidikan, merasa sangat senang sekali menjadi bagian dari panitia pelatihan pengembangan media pembelajaran pada mata kuliah pengelolaan pelatihan.  Selain menambah ilmu dan wawasan, menurut saya pelatihan ini juga menambah relasi dan pengalaman mengajar dan bersosialisasi kepada ustadzah khususnya di PG/TK/TPA Islam Ar-Rasyid. Semoga kegiatan ini bisa menjadi kegiatan tahunan dan program studi teknologi pendidikan UNESA.fj/na

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU