Tembus Ke Babak 16 Besar Tunggal Putra Tanpa Cedera

Anthony Sinisuka Ginting saat bertanding di Olimpiade Tokyo 2020. SP/Reuters

SURABAYAPAGI.com, Tokyo - Indonesia kali ini kembali tersenyum lebar lanataran pebulutangkis Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, berhasil tembus ke babak 16 besar cabang nomor tunggal putra setelah mengalahkan pebulutangkis Rusia, Sergey Sirant di babak penyisihan grup Olimpiade Tokyo 2020.

Peraih medali perunggu di Asian Games 2018 lalu ini menguasai pertandingan sejak awal dan tidak memberikan celah sedikit pun kepada Sirant untuk mengembangkan permainan.

Ginting merasa bersyukur bisa bermain dengan baik dan tidak mengalami cedera. Dirinya juga mampu mengendalikan permainan dan fokus sampai pertandingan berakhir.

"Pastinya pertama-tama saya mengucap syukur karena bisa bermain dengan baik dan tidak mengalami cedera. Itu yang paling penting. Saya juga senang bisa mengendalikan permainan sejak awal sampai selesai dan tetap mempertahankan fokus," ujar Ginting, Kamis (29/7/2021).

 Pebulutangkis kelahiran Cimahi itu juga menyebutkan bersyukur karena selalu bermain bagus. Selain menunjukkan performa apik, ia juga mengatakan tidak disertai cedera selama pertandingan di ajang Olimpiade Tokyo 2020.

“Pertama-tama, saya sangat berterima kasih kepada Tuhan karena saya bermain bagus hari ini dan tanpa cedera dan saya mengendalikan pertandingan dengan baik sampai akhir,” kata Ginting.

Tak hanya itu, Olimpiade Tokyo 2020 meninggalkan banyak kejutan khususnya di cabang olahraga bulu tangkis. Raja bulu tangkis dunia menjadi unggulan terakhir yang gagal lolos ke babak 16 besar. Heo Kwanghee (Korea Selatan) menjadi aktor utama di balik kegagalan Kento Momota menembus babak 16 besar.

Saat ini Ginting berada di peringkat lima dunia, sedangkan Tsuneyama berada di peringkat 13 dunia. Jika dilihat secara peringkat, Ginting lebih unggul dari Tsuneyama.

Bahkan sebelumnya, Ginting juga sukses mengatasi perlawanan wakil Hungaria, Gergely Krausz di pertandingan perdana grup. Ginting mengalahkan Krausz lewat dua gim langsung, dengan skor 21-13 dan 21-8.

Pertandingan babak 16 besar cabang bulu tangkis Olimpiade Tokyo 2020 antara Anthony Sinisuka Ginting vs Kanta Tsuneyama akan digelar pada Kamis, 29 Juli 202. Dsy10