Tempat Wisata di Pasuruan Diserbu Pengunjung

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 05 Sep 2021 18:30 WIB

Tempat Wisata di Pasuruan Diserbu Pengunjung

i

Kawasan puncak Tretes, Prigen yang dipadati pengunjung, Sabtu (4/9/2021).

SURABAYAPAGI.COM, Pasuruan - Setelah diizinkan beroperasi, sejumlah tempat wisata di Pasuruan mulai dipadati pengunjung. Salah satunya di kawasan wisata Prigen. Pada Sabtu (4/9) sore, tampak sejumlah kendaraan dari luar kota memadati jalan menuju tempat wisata.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan Anang Saiful Wijaya mengatakan, tempat-tempat wisata sudah diperbolehkan buka. Dengan sejumlah ketentuan yang harus dipenuhi oleh pengelola wisata.

Baca Juga: Gubernur Bali Minta Luhut, PPKM Dicabut

“Syarat wajibnya wsiata kan 25 persen (kapasitas pengunjung, red), protokol kesehatan, harus ada PeduliLindungi,” kata Anang.

Meski demikian, destinasi milik pemerintah daerah sendiri belum dibuka, seperti Banyu Biru. Anang mengungkapkan, destinasi milik pemda mayoritas wisata air yang berpotensi besar menyebarkan Covid-19.

Baca Juga: Jokowi Abaikan Saran Epidemiolog

“Kita masih belum, karena rata-rata kolam renang, itu bahaya sekali. Jadi kami belum bisa buka, karena harus melalui kajian-kajian. Karena proses penularan tertinggi kan di dalam air,” ungkapnya.

Seperti diketahui dalam SE Satgas Covid-19 Kabupaten Pasuruan nomor 100/59/COVID-19/VIII/2021, Kabupaten Pasuruan termasuk dalam PPKM Level 2. Dalam aturan tersebut, tempat wisata diperbolehkan buka dengan protokol kesehatan ketat.

Baca Juga: PPKM di Indonesia Berlaku hingga WHO Cabut Pandemi Status Covid-19 Secara global

“Pelaksanaan kegiatan di fasilitas umum (area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya) diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 25% (dua puluh lima persen) dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat serta wajib menggunakan aplikasi Peduli Lindungi.” tertera dalam SE tersebut poin II huruf j.

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU