Terdampak PPKM, Taman Safari Prigen Buka Donasi untuk Satwa

TSI Prigen terpaksa membuka donasi untuk kebutuhan pakan ribuan satwa. SP/ TSI PrigenĀ 

SURABAYAPAGI, Pasuruan – Diperpanjangnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, membuat sejumlah tempat wisata ditutup sementara untuk wisatawan.

Hal ini juga terjadi di Taman Safari Indonesia (TSI) Prigen yang berlokasi di Jalan Taman Safari II, Desa Jatirejo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Dengan ditutupnya kunjungan, berdampak pada pendapatan Taman Safari Indonesia (TSI)  Prigen. TSI Prigen terpaksa membuka donasi untuk kebutuhan pakan ribuan satwa.

TSI Prigen sudah tutup sejak awal diberlakukan PPKM pada 3 Juli 2021, dan akan berlanjut hingga 16 Agustus nanti. Akibat penutupan, TSI kehilangan pemasukan dari tiket. Sementara ada 1.800 satwa yang harus diberi makan setiap hari.

"Sejak PPKM diberlakukan mulai 3 Juli, Taman Safari Indonesia Grup termasuk Taman Safari Prigen tutup sebagai dukungan kami kepada pemerintah. Dan kami ada 1.800 satwa yang harus kami lestarikan, kami rawat dan kami pelihara dengan baik," kata General Manager TSI Prigen, Diaz Yonadie, Kamis (12/8/2021).

Diaz mengimbau masyarakat luas tergerak untuk memberikan dukungan berupa donasi untuk menjaga kesejahteraan satwa  TSI Prigen . Baik dalam bentuk pakan maupun uang.

"Kami imbau masyarakat luas tergerak, berempati memberikan dukungan atau donasi kepada kami untuk kelestarian satwa kami. Silakan baik dalam bentuk pakan maupun uang tunai," terangnya.

Sementara itu, dalam Instastory @tamansafariprigen, pihak pengelola TSI Prigen pun mengungkapkan bahwa TSI Prigen menerika segala macam bentuk donasi berupa pakan ataupun cash money.

Pembukaan donasi pakan dan uang untuk satwa Taman Safari Prigen ini juga diunggah akun Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur dalam akun Instagram @disbudparjatimprov.

Melalui akun Instagramnya, Disbudpar Jatim mengajak masyarakat untuk berdonasi guna memenuhi kebutuhan para satwa.

"Ada 1800 satwa membutuhkan bantuanmu. Mereka membutuhkan daging sapi maupun ayam, rerumputan dan buah-buahan (pisang dan pepaya)," tulis akun @disbudparjatimprov.

Unggahan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur mengajak masyarakat berdonasi membantu kebutuhan satwa Taman Safari Prigen. (Instagram/@disbudparjatimprov)

Bagi masyarakat yang ingin berdonasi bisa melalui rekening BCA KCP Pandaan 1997779991 atas nama Taman Safari Indonesia. Atau menghubungi nomor 0811 3389 204 (Ivan Chandra) dan 0811 3383 646 (Pitut Retno).pr1/na