Terduga Teroris Ajak Diskusi RT Tentang Agama Berujung Jihad

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 24 Mei 2023 21:05 WIB

Terduga Teroris Ajak Diskusi RT Tentang Agama Berujung Jihad

i

Lokasi rumah milik Yudho Ratmiko di daerah Sidorukun, Dupak, Krembangan Surabaya, Rabu (24/5/2023) digeledah tim Densus 88 Anti Teror Polri.

Rumahnya di Sidorukun, Dupak Digeledah

 

Baca Juga: Pemkot Surabaya Rencana Tambah 2 Rumah Anak Prestasi

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Tim Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror Polri menggeledah rumah terduga teroris di wilayah Kelurahan Dupak, Kecamatan Krembangan, Kota Surabaya, Rabu (24/5/2023) siang. Rumah tersebut milik Yudho Ratmiko (48) yang diduga ikut dalam jaringan teroris.

Gandhi Setyo Purnowo Wakil Ketua RW 1 Sidorukun gang 6 Kelurahan Dupak, Kecamatan Krembangan, Surabaya menyebut, tim Densus 88 menyita sejumlah buku dan kardus.

“Yang dibawa banyak, saya gak spesifik menyebutkan. Tapi banyak ada beberapa item. Buku-buku, senjata gak ada,” kaya Gandhi.

Menurut Gandhi, Yudho jarang bersosialisasi dengan warga sekitar termasuk dirinya. Yang ia tahu, Yudho berpenampilan menggunakan gamis bersarung dengan peci bulat jika sedang salat Jumat. Tapi pemandangan itu terakhir dilihatnya satu bulanan lalu.

“Orangnya gak pernah ada di rumah. Saya enam tahunan gak pernah ketemu. Hanya say hello,” tambahnya.

 

Debat Soal Agama

Gandhi mengaku tak lagi pernah berkomunikasi dengan Yudho setelah terduga teroris itu sering mengajak debat soal agama.

“Ujung-ujungnya memecah. Saya udah curiga. Unsurnya memecah-belah masalah jihad, apa. Membid’ahkan memang tidak pernah tapi mengajak bid’ah. Yudho mengisi ceramah di Masjid At-Taubat tapi materinya seperti itu. Yasin, tahlil, juga gak pernah datang,” jelasnya.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Disnakertrans Jatim Buka 54 Posko Pengaduan THR

Gandhi mengaku tak tahu pasti apa pekerjaan dari terduga teroris tersebut. Yang ia tahu dulu Yudho pernah memiliki toko plastik.

 

Keluarga Cenderung Tertutup

Keluarga Yudho pun tidak tahu. Selama ini, setiap Gandhi bertanya, keluarga juga tertutup dan selalu mengatakan tidak tahu pekerjaan Yudho.

“Cuma ibunya yang gak tertutup tapi bilang tidak tahu,” imbuhnya.

Dari salah satu petugas kelurahan menambahkan, di rumah tingkat tiga yang digeledah Rabu (24/5/2023), masih ditinggali Hardik ayah Yudho, Marsiti ibu Yudho, Sumiati istri Yudho, dan dua anak Yudho yang kuliah.

Baca Juga: Mengatasnamakan Media Nasional, Warga Lamongan Diperas Wartawan Gadungan

“Satu anaknya mondok (sekolah di pondok pesantren) di Jombang. Ada adik Yudho namanya Meta di rumah sebelahnya persis,” ujar petugas.

Selain Yudho, dalam rumah yang digeledah Densus 88 itu juga ditinggali oleh kedua orang tuanya, istri, dan dua anak Yudho. Sedangkan, satu anak Yudho dikabarkan mondok di Jombang.

Dari informasi yang didapat Yudho terduga teroris diamankan Densus 88 di kota Malang pada Selasa (23/5/2023) malam.

Sementara Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Dirmanto saat dikonfirmasi tidak membantah soal penggeledahan tersebut. Masyarakat diminta sabar untuk perkembangan lebih lanjut terkait hasil penggeledahan tadi.

“Ini ranah densus. Ditunggu saja, semoga nanti diinfokan kalau sudah beres,” pungkasnya. rl/ham/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU