Terekam CCTV, Pencuri di Dua Konter Ponsel Diburu Polisi

Tangkapan layar rekaman CCTV saat pelaku melakukan aksinya di salah satu konter ponsel.

 

SURABAYAPAGI.COM, Tulungagung - Aksi pencurian di dua konter ponsel terekam kamera CCTV. Diduga pelaku pencurian adalah orang yang salam.

Dari konter pertama, pencuri berhasil menggondol satu unit ponsel, sedangkan di konter kedua pelaku berhasil menggasak sejumlah voucher internet.

Dari dua kejadian tersebut, baru ada satu laporan ke polisi. Laporan dibuat oleh Ernawati (35) pemilik konter ponsel yang berada di Desa Sidorejo kecamatan Kauman pada Minggu (11/4) kemarin.

Kapolsek Kalangbret AKP Puji Hartanto mengatakan, pihaknya saat ini sedang menindaklanjuti laporan tersebut.

“Berdasarkan laporan, rupanya aksi dua komplotan yang diduga pencuri tersebut sudah beraksi di dua konter yang berbeda. Didukung oleh adanya bukti rekaman dua kamera CCTV di dua lokasi, diduga pelaku pencurian merupakan pelaku yang sama,” terang AKP Puji Hartanto, Selasa (13/4/2021) pagi.

Puji menjelaskan, pada salah satu rekaman tersebut terlihat jelas saat konter didatangi seorang pembeli dengan ciri-ciri menggunakan kemeja yang berjalan sedikit pincang. Pria tersebut membeli salah satu voucher pada konter tersebut dan membayarnya.

Tidak berselang lama datang salah satu pria yang juga berpura-pura ingin membeli sesuatu. Baru disaat penjaga konter melayani pembeli yang baru datang. Pembeli pertama langsung segera beraksi untuk menggasak ponsel yang diletakkan pada etalase konter dan segera pergi meninggalkan konter tersebut.

“Setelah pembeli pertama berhasil menggasak barang disana, pembeli kedua yang diduga bertugas sebagai pengalih perhatian juga memutuskan pergi meninggalkan konter tersebut,” jelasnya.

Usai kedua komplotan tersebut pergi meninggalkan TKP, tidak lama setelahnya penjaga konter tersebut menyadari ada kejanggalan. Disaat dia melihat sekeliling, rupanya diketahui salah satu ponsel pada konter tersebut raib.

Tidak sampai disitu, menurut Puji, pelaku juga melancarkan aksinya kembali di konter yang kedua atau milik Ernawati. Pelaku yang beraksi di konter milik Ernawati tersebut juga melancarkan aksinya dengan modus yang sama.

Hanya saja bedanya, pada konter milik Ernawati tersebut, pelaku menggasak beberapa voucher internet sebesar 6 GB.

“Di TKP pertama yang diambil HP, sedangkan TKP kedua itu voucher perdana, dengan kerugian ditaksir senilai Rp 3.5 juta. Pelaku pada kedua tempat tersebut masih sama karena dari pakaian dan salah satu ciri-ciri pelaku juga sama,” lanjutnya.

Aksi pencurian voucher di konter ponsel juga terjadi di Trenggalek. Meski berada di lokasi berbeda, namun modus yang digunakan pelaku sama seperti yang terjadi di Tulungagung.

Untuk mengungkap semua itu, kini pihak kepolisian Tulungagung sedang mendalami. “Sepertinya modus yang sama juga dilakukan di Trenggalek, ini masih kita dalami mas,” ujar Kapolsek Kalangbret, AKP Puji Hartanto.

Menurutnya, ada kesamaan modus yang dilakukan oleh terduga pelaku. Yaitu dengan mengalihkan perhatian penjaga counter Hp, dan beraksi mengambil voucher pulsa maupun handphone pada saat kondisi lengah.

“Modusnya sama, tinggal pelakunya ini sama atau tidak, masih kita dalami,” paparnya.

Dalam rekaman CCTV dari salah satu counter Hp di Kabupaten Trenggalek pada tanggal 31 Maret 2021, terlihat pelaku mendatangi counter pada pukul 12.44 WIB. Kemudian terduga pelaku berusaha membuat sibuk penjaga counter, dengan kedatangan satu orang lagi untuk menyita perhatiannya. Ketika situasi dan kondisi lengah, terduga pelaku bergerak cepat mengambil Hp korban dan langsung pergi meninggalkan counter tersebut.