Teriak Sumpah Serapah, Ganda Putri China Dilaporkan ke BWF

Pasangan ganda putri China, putri China Chen Qingchen/Jia Yifan. SP/ AP

SURABAYAPAGI.com, Tokyo - Pasangan ganda putri China, putri China Chen Qingchen/Jia Yifan dilaporkan Federasi Bulu Tangkis Korea Selatan (Korsel) ke BWF. Penyebabnya karena Chen Qingchen. Pasalnya, sang atlet, Chen Qingchen, berulang kali mengeluarkan teriakkan sumpah serapah selama pertandingan bulu tangkis antara kedua negara.

Ia terdengar mengucapkan kata slang populer dalam bahasa mandarin yang berarti "f**k" dalam bahasa Inggris. Ini terjadi sepanjang siaran langsung pertandingan 27 Juli lalu. Kata-kata tersebut keluar ketika ia dan pasangannya Jia Yifah kalah di set pertama. Kata tersebut terus diulangi hingga pasangan Korsel, Soyeong dan Kong Heeyong kalah 1-2.

Korsel menganggap perilaku Chen tidak sportif. Asosiasi badminton setempat menyebut sudah mengajukan keluhan resmi ke WBF.

Sebelumnya, Chen Qinchen telah meminta maaf sebelum bertanding melawan Greysia/Apriyani terkait ucapan kotornya tersebut. Chen Qingchen berdalih, hal itu ia lakukan bukan bermaksud untuk memaki lawan dan hanya sebagai caranya untuk menyemangati diri sendiri.

Pemain 24 tahun itu pun meminta maaf atas pelafalan buruk yang menyebabkan kesalahpahaman banyak orang.

"Saya memberikan diri saya semangat untuk mencetak poin. Saya tak menyangka pengucapan saya yang buruk mungkin menyebabkan kesalahpahaman untuk semuanya. Saya gugup," ujar Chen Qingchen, Kamis (5/8/2021).

"Terima kasih atas dukungan Anda. Saya juga akan menyesuaikan pengucapan saya,” ujarnya lagi. Dsy7