Terima Bantuan Sembako dari TP PKK Provinsi Jatim Bakal Didistribusikan kepada Ibu Hamil

Penyerahan bantuan sembako secara simbolis oleh Ketua TP PKK Provinsi Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak kepada Ketua TP PKK Kota Surabaya, Rini Indriyani Eri Cahyadi. SP/Alqomar

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Ketua TP PKK Kota Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi menghadiri acara bertajuk Peran PKK dalam Germas Hidup Sehat Pada Masa Pandemi Covid-19, Bagi Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota se-Jawa Timur (Jatim).

Acara yang digelar secara virtual dari Kantor TP PKK Provinsi Jatim itu, dibuka dengan penyerahan bantuan sembako secara simbolis oleh Ketua TP PKK Provinsi Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak kepada Ketua TP PKK Kota Surabaya, Rini Indriyani Eri Cahyadi.

Dalam kesempatan itu, Ketua TP PKK Kota Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi mengucapkan terima kasih atas bantuan sembako dari Ketua TP PKK Provinsi Jatim. Selain itu, dia mengatakan bantuan 100 paket beras serta berbagai jenis sembako tersebut, bakal didistribusikan kepada ibu hamil (bumil) di Kota Pahlawan.

“Terutama yang terdampak Covid-19, secepatnya kita akan distribusikan kepada para bumil,” kata Rini Indriyani, seusai penyerahan bantuan di Ruang Rapat Besar Tim Penggerak PKK Jatim, Jalan Gayung Kebonsari No 56 A Surabaya, Selasa (24/8).

Rini menjelaskan, untuk saat ini pihaknya bersama dengan jajaran anggota PKK Kota Surabaya tengah melakukan pendataan serta mengemas sembako untuk pendistribusian bantuan khususnya bagi seluruh bumil yang membutuhkan. 

“Ini kami juga sedang menyiapkan bingkisan sembako untuk bumil. Jadi pendistribusiannya kita berangkatkan sekalian,” urai dia.

Tak hanya itu, istri Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi ini mengungkapkan, dengan adanya bantuan yang akan disalurkan itu, diharapkan dapat membawa manfaat bagi pemberi maupun penerimanya. Sehingga ke depan, para bumil dapat melahirkan bayi dengan selamat, sehat dan sempurna.

“Tentunya kita berharap tidak ada lagi stunting dan ibunya sehat setelah melahirkan, mudah- mudahan sehat semuanya. Kita juga sedang lakukan pemantauan untuk bumil yang telah divaksin,” ungkap dia

 

Sementara itu, Ketua TP PKK Provinsi Jatim Arumi Bachsin Emil Dardak menjelaskan, bantuan itu disalurkan kepada Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota se Jatim, para kader serta anggota PKK yang terpapar Covid-19. Ia merinci jumlah beras yang disalurkan yakni hampir mencapai 20 ton beras yang dibagikan di seluruh kabupaten/kota

"Untuk tahap awal, akan diberikan kepada 5 Kabupaten/Kota yakni, TP PKK Surabaya, Kota Madiun, Pamekasan, Mojokerto dan Banyuwangi," kata Arumi disela-sela membuka acara bersama 38 Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se Jawa Timur secara virtual.

Dia menambahkan, rencananya pemberian bantuan beras, PMT bagi bayi dan ibu hamil lainnya akan dilanjutkan secara bertahap. Di samping itu, dia berharap seluruh TP PKK di Jatim tetap patuh protokol kesehatan (prokes) Covid-19. 

“Saya mengajak seluruh kader PKK untuk terlibat aktif dalam menggerakkan masyarakat agar perilaku hidup bersih dan sehat bisa menjadi budaya di masyarakat. Kader PKK memiliki banyak peran di masyarakat," pungkasnya. Alq