Terima Kedatangan Wisman Tiongkok ke Bali, Sandiaga Uno: Indonesia Destinasi Favorit!

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 23 Jan 2023 15:02 WIB

Terima Kedatangan Wisman Tiongkok ke Bali, Sandiaga Uno: Indonesia Destinasi Favorit!

i

Foto ilustrasi. Foto: Kemenparekraf.

SURABAYAPAGI.COM, Bali - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) akan menyambut kedatangan kembali wisatawan mancanegara (wisman) asal Tiongkok di Bali.

Kunjungan itu menyusul keputusan pemerintah negara itu yang mencabut pembatasan perjalanan ketat internasional pada 8 Januari 2023.

Baca Juga: Masjid Istiqlal Masuk Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia, Selain Beribadah Juga Bisa Belanja

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa kedatangan kembali wisman Tiongkok menandakan Indonesia khususnya Bali masih menjadi top of mind atau destinasi favorit wisatawan.

"Berdasarkan data Online Travel Ageng (OTA) di Tiongkok, terjadi peningkatan volume pencarian destinasi wisata di luar negeri sebesar 430%. Indonesia masuk dalam top 5 pencarian dan volume pencarian Bali meningkat 250%," kata Sandiaga Uno Minggu (22/1/2023).

Ia optimistis kedatangan kembali wisatawan Cina bisa mendukung target kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2023 sebesar 3,5 juta-7,4 juta kunjungan.

"Kami menggelar karpet merah bagi mereka karena ekonomi kita terus menggeliat. Kita harapkan kedatangan wisman Tiongkok semakin mempercepat pemulihan sektor ini dan semakin banyak lapangan kerja dibuka," ujarnya.

Tiongkok sendiri merupakan salah satu negara pasar terbesar untuk pariwisata di Indonesia. Tahun ini, pihaknya menargetkan kunjungan wisatawan Cina sebanyak 255.300 orang.

Baca Juga: Sandiaga Ajak Singapura Kolaborasi Bikin Konser-konser Kelas Dunia

“Kami meyakini adalah ini adalah awal target kita untuk mencapai sekitar 253.000 wisatawan dari Cina dan baru tahap awal," tuturnya.

"Kita akan terus gencarkan promosi, terutama di destinasi-destinasi favorit seperti Bali, Manado dan beberapa Destinasi Super Prioritas agar wisatawan dari Tiongkok bisa segera meningkat kunjungannya," ujarnya berharap,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Sandiaga Uno mengungkapkan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin akan terus dilakukan. Menurutnya, hal tersebut untuk memberikan rasa aman dan kenyamanan bagi para wisatawan selamanya berlibur di Indonesia.

Baca Juga: Hormati Perayaan Hari Raya Nyepi, Tol Bali Mandara Bakal Ditutup 32 Jam

"Kami juga tetap terapkan protokol kesehatan yang sudah diberikan oleh Satgas Covid-19 dan Kemenkes dalam kedatangan wisman Tiongkok. Dan per hari ini tidak diperlukan tambahan pengecekan bagi wisatawan dari Tiongkok, semua mengikuti standar yang sudah ada," terangnya.

Ia menegaskan, Indonesia memiliki pengalaman yang baik dalam manajemen krisis selama pandemi Covid-19 yang diiringi dengan peningkatan masif CHSE Certified Destination dan rasio tingkat vaksinasi per populasi yang relatif tinggi besar.

“Sehingga diyakini Indonesia dapat menyambut wisman Tiongkok dengan baik," tutupnya. bli

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU