Terjebak Kebakaran Rumah di Banyu Urip, Seorang Lansia Alami Luka Bakar Serius

Proses pemadaman kebakaran rumah di Jalan Banyu Urip Surabaya, Rabu (30/11/2022).

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Kebakaran terjadi di sebuah rumah di Jalan Banyu Urip Nomor 10 Simomulyo, Sukomanunggal, Surabaya pada Rabu (30/11/2022) sore. Akibat kebakaran ini, satu orang penghuni rumah yang bernama Harmani (84) dilaporkan mengalami luka berat.

Berdasarkan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) dalam laporan petugas, kebakaran tersebut terjadi pukul 16.38 WIB.

Kepala DPKP Surabaya,Dedik Irianto mengatakan bahwa Harmani ditemukan di dalam kamar mandi oleh petugas saat pemadaman. Saat kejadian, Harmani yang kondisinya sudah kesulitan berjalan ini berusaha menyelamatkan diri masuk ke dalam kamar mandi.

Korban pun langsung ditangani petugas Palang Merah Indonesia (PMI) yang ikut dalam evakuasi. Karena lukanya parah, korban dilarikan ke RSUD dr. Soetomo Surabaya.

Dedik menerangkan, kondisi korban memang tidak bisa berjalan dan sedang berada di atas kursi roda. Bahkan, tangan kiri korban juga dalam keadaan putus atau tidak ada tangan. Karena kejadian ini, Harmani mengalami luka bakar derajat 2 hingga 90 persen bagian tubuhnya

"Korban mengalami luka bakar derajat 2, kondisi 90 persen. Sudah dibawa ke petugas. Karena tadi teman teman memadamkan, ditemukan korban berada di kamar mandi belakang," kata Dedik.

Lebih lanjut, Dedik Irianto mengatakan, titik awal keberadaan api berada di area dapur kemudian, merambat ke kamar mandi.

Luas area yang terdampak kebakaran tersebut berukuran 4 m x 4 m. Sementara, luas keseluruhan rumah yang ditinggali oleh Harmani, sekitar 6 m x 6 m.

Untuk memadamkan api, petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kota Surabaya mengerahkan 10 unit mobil pemadam kebakaran (damkar) yang terdiri dari empat unit tempur dan enam unit penyelamat.

Satu Unit Tempur Pos Grudo, satu Unit Tempur Pos pakis TVRI, dua Unit Tempur Rayon 1 Pasar Turi, dan enam Unit Tim Rescue. Unit Pos Grudo tiba di TKK langsung melakukan pemadaman.

Api pokok berhasil dipadamkan sekitar pukul 16.56 WIB. Kemudian kondisi dipastikan sudah kondusif sekitar pukul 17.33 WIB.

Mengenai penyebab kebakaran, Dedik mengaku pihaknya belum dapat memastikannya dan menyerahkan informasi perihal aspek tersebut kepada pihak kepolisian.

“Penyebab kebakaran belum diketahui,” pungkas Dedik. ari