Terjerat Hutang Pinjol, Perawat Nekat Kendat

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 11 Sep 2022 21:03 WIB

Terjerat Hutang Pinjol, Perawat Nekat Kendat

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Sabtu (10/9/2022), warga di kawasan Wonorejo Selatan, Rungkut Surabaya dibuat geger dengan ditemukannya seorang pria tewas gantung diri di rumahnya.

Korban yang diketahui bernama Gede Rajendra Darma (30) ditemukan sang ibu tewas dengan posisi tergantung di kusen pintu kamar mandi rumahnya di jalan Wonorejo Selatan I no 20, Rungkut Surabaya.

Baca Juga: Kakek di Jombang Tabrakkan Diri ke KA Bangunkarta, Tubuh Hancur

Kanit Reskrim Polsek Rungkut Iptu Joko Susanto mengonfirmasi kebenaran hal tersebut. “Kami membenarkan ada laki-laki yang tergantung di dekat kusen pintu kamar mandi,” kata Joko saat ditemui di lokasi kejadian.

Joko menuturkan, informasi ini berawal dari laporan masyarakat yang kemudian dipastikan oleh kepolisian setempat di TKP.

“Kurang lebih jam 11.00 WIB terdapat info dari masyarakat sekitar ada yang gantung diri. Kemudian, kami memastikan ke lokasi kejadian,” pungkasnya.

Sang ibu AA (52 tahun) menjelaskan, GRD terakhir terlihat pada hari Kamis (8/9/2022) setelah salat Isya. GRD pergi tanpa pamit menggunakan motor setelah dinasehati ibunya.

Baca Juga: Pemuda Nekat Siram Bensin ke Badan Perkara Cinta Ditolak, Polisi: Cinta Tak Bisa Dipaksa

Kronologi penemuan jenazah dimulai saat AA hendak mengantarkan barang dari rumahnya di wilayah Kenjeran sekitar pukul 10.15 WIB. Setibanya di rumah anaknya, AA masuk ke dalam dan mencium adanya bau busuk. Setelah dicari sumbernya, ternyata bau tersebut berasal dari jenazah anaknya yang tergantung di pintu kamar mandi.

"Terakhir ketemu ibunya dua hari lalu. Trus hari ini ibunya juga yang menemukan korban. Lantaran korban dan ibu ini tinggal di rumah yang berbeda," tutur Joko.

Mengetahui itu, ibu korban langsung menangis histeris dan memanggil warga setempat serta melapor ke Polsek Rungkut.

Baca Juga: Motif Bunuh Diri Satu Keluarga Guru, Diduga Dipicu Ekonomi

Berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, Gede nekat mengakhiri hidupnya dengan cara tak wajar itu diduga setelah terlilit utang pinjaman online (Pinjol). Itu terungkap dari keterangan ibu korban.

"Kalau menurut keterangan ibu korban, dugaannya mengarah ke sana (mempunyai utang pinjol). Tapi kami belum bisa memastikan. Itu baru dugaan," terang Kanitreskrim Polsek Rungkut, Iptu Djoko Soesanto saat dikonfirmasi, Sabtu (10/9/2022).

"Dan apakah ada faktor lain, kami juga masih melakukan pendalaman. Namun, ibunya ini mengatakan memang sering melunasi (hutang injol) korban, tapi ada lagi. Masih banyak. Kasihan ibunya ini," tambahnya.

Sementara dari hasil olah TKP, Djoko menyebut bahwa tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan di tubuh korban.

Kepada polisi AA, ibu korban mengaku tidak tahu pasti uang hasil pinjaman online itu digunakan untuk apa oleh GRD. Tidak hanya anaknya, AA mengaku dirinya juga pernah mendapat ancaman para penagih pinjol.

Sebab, selama ini korban mencantumkan nomor telepon ibunya sebagai saudara tidak serumah yang bisa dihubungi. "Ibunya juga sering ditagih, bahkan sampai diancam. Bahkan, tak jarang ibunya membayar utang korban," tambah Joko. ham/rmc

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU