Terkendala Angin, Gagal Tembus Babak Semifinal

Skuad panahan Indonesia yang terdiri dari terdiri dari Riau Ega Agatha Salsabila, Arif Pangestu, dan Alviyanto Bagas Prastyadi. SP/ NOC

SURABAYAPAGI.com, Tokyo - Tim panahan beregu putra Indonesia nampaknya belum berhasil menembus babak semifinal Olimpiade Tokyo 2020 saat menghadapi skuad Britania Raya yang terdiri dari Tom Hall, Patrick Huston, dan James Woodgate.

Skuad Indonesia sendiri terdiri dari Riau Ega Agatha Salsabila, Arif Pangestu, dan Alviyanto Bagas Prastyadi, tak mampu berbuat banyak. Mereka pun kalah telak 0-6 (51-55, 52-53, 51-55) dari para pepanah Britania Raya di Yumenoshima Field, Jepang, Senin (26/7/2021).

Pada kesempatan terakhir, Indonesia hanya mendapatkan skor 9,10,8,8,7,9 dengan total skor 51 poin. Hall dkk kembali bisa mendapatkan hasil lebih tinggi yakni 9,10,9,10,8,9 dengan total skor 55 poin.

Hasil ini memastikan langkah Indonesia ke babak berikutnya terhenti karena kalah 0-6 dari Hall dkk. Pada babak semifinal, skuad panahan Britania Raya akan menjumpai Belanda.

Menanggapi hasil itu, Permadi Sandra Wibawa selaku pelatih tim panahan putra Indonesia menilai faktor angin menjadi salah satu penyebab kekalahan anak asuhnya.

Meski demikian, Permadi Sandra tetap bangga karena Riau Ega Agatha dkk sudah memberikan penampilan terbaik. “Kami sudah melakukan yang terbaik, tapi memang ini hasilnya," kata Permadi Sandra.

"Hari ini kami mendapat informasi dari pelatih dayung bahwa anginnya lebih kencang dari sebelumnya, seperti badai kecil," tutur Permadi.

"Ini yang membuat tim kesulitan karena kurang siap dengan angin kencang. Kondisi angin seperti ini jarang kami temui di Jakarta,” ucap Permadi menambahkan.

Selanjutnya, Riau Ega Agatha, Arif Dwi Pangestu, dan Alviyanto Bagas Prastyadi, masih akan bertanding di nomor individu putra pada babak 64 besar. Riau Ega Agatha dijadwalkan menghadapi wakil Australia, David Barnes, pada Kamis (29/7/2021) sore WIB.

Di sisi lain, Arif Dwi Pangestu akan berhadapan dengan wakil Jerman, Florian Unruh, pada Selasa (27/7/2021). Adapun Alviyanto Bagas Prastyadi akan menghadapi wakil Australia, Taylor Worth, pada Kamis (29/7/2021) pagi WIB. Dsy14