Terlibat Balap Liar, 11 Remaja Diamankan Polisi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 13 Jun 2021 19:59 WIB

Terlibat Balap Liar, 11 Remaja Diamankan Polisi

i

Sejumlah remaja diciduk Polsek Asemrowo lantaran terlibat balap liar motor di Jalan Margomulyo, Asemrowo, Surabaya.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - 11 orang terdiri dari pelajar SMP hingga mahasiswa diciduk Polsek Asemrowo lantaran terlibat balap liar motor di Jalan Margomulyo, Asemrowo, Surabaya.

"Sekitar pukul 08.30 WIB 11 orang remaja yang diamankan, disaksian orang tuanya membuat surat pernyataan. Isinya tidak akan mengulangi perbuatannya lagi. Kami juga memberi imbauan kepada orang tuanya untuk mengawasi pergaulan anaknya di luar rumah, jika mengulangi perbuatan akan ditindak sesuai ketentuan," kata Kapolsek Asemrowo Kompol Hari Kurniawan, Minggu (13/6/2021).

Baca Juga: Ngabuburit Sambil Balap Liar, 36 Motor Diamankan

Selain diamankan, petugas Puskesmas Kecamatan Asemrowo juga melakukan tes swab antigen ke 11 orang remaja tersebut. Dari hasil tes swab antigen, hasilnya negatif semua.

Kemudian, mereka membina 11 remaja yang diamankan beserta keluarganya. Ia berharap orang tua berperan aktif dalam pengawasan anaknya. Sebab, kegiatan tersebut bisa berlanjut pada penggunaan narkoba dan tindakan pidana lainnya.

Menurut Hari, dalam penggerebekan, selain mengamankan 11 orang itu, timnya juga menyita motor yang berada di lokasi. Sedangkan tiga orang yang berada di dalam mobil itu mengaku diundang untuk melihat balap liar.

Baca Juga: Tabrak Pemotor saat Balap Liar, Diamankan

"Katanya diundang untuk melihat balap liar. Tapi mereka malah tenggal miras. Setelah mabuk berat, mereka tertidur di dalam mobil. Ada yang mahasiswa dan masih SMP," tutur dia.

Setelah diberi pembinaan dan menandatangani surat pernyataan serta meminta maaf kepada orangtua masing-masing, 11 remaja dan pemuda itu lalu dipulangkan. Saat bersimpuh di depan orangtuanya, beberapa remaja itu mewek alias menangis.

Baca Juga: Patuhi Kelengkapan Motor Roda Dua, para Pelanggar Benahi Motornya, Guna Kelanjutan Proses Peradilan

"Operasi serupa terus kami lakukan untuk mencegah kenakalan remaja, mulai dari pesta miras, balap liar, tawuran hingga pesta narkoba. Kami berharap orangtua mengawasi anak-anaknya dan masyarakat berperan dalam menjaga kamtibmas," tandas Hari.

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU