Terlibat Otoritas Israel, Facebook Terancam Didepak dari Playstore

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 20 Mei 2021 12:02 WIB

Terlibat Otoritas Israel, Facebook Terancam Didepak dari Playstore

i

Rating atau ulasan Facebook di Play Store terus turun. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Sebagai bentuk protes terhadap Facebook terkait konflik Israel - Palestina. Rating atau ulasan Facebook di Play Store terus turun karena Facebook  kerap menghapus setiap unggahan terkait konflik terutama terkait yang menyudutkan Israel. Hal ini dianggap tidak adil dan membatasi kebebasan informasi, serta berpendapat dari orang-orang di seluruh dunia. 

Salah satu pengguna Facebook, JM Coulas yang memberi rating 1 pada 18 Mei mengatakan, sangat terganggu dengan iklan Facebook. Dia mengatakan, di Facebook lebih sering melihat iklan dibandingkan kiriman.

Baca Juga: Viral, Menlu Retno Walk Out saat Dubes Israel Pidato di DK PBB

"Saya benci jumlah iklannya. Itu merusak pengalaman menggunakan aplikasi. Tidak peduli berapa kali saya memblokir iklan atau memperbarui pengaturan iklan, tidak ada yang berubah. Saya memahami bahwa pasti ada beberapa iklan, tetapi saya sampai pada titik di mana saya melihat lebih banyak iklan daripada kiriman orang lain," tulis dia, Kamis (20/5/2021).

Beberapa pengguna mengatakan bahwa Facebook belakangan menjadi corong golongan tertentu. Bahkan salah satunya mengatakan aplikasi yang terkontaminasi dengan politik semacam ini sangat berbahaya karena dapat menutup mata terhadap semua kekejaman dan penindasan Israel kepada rakyat palestina. 

Baca Juga: Dituding Jadi Buzzer Israel, Maia Estianty: 'Kalau Kita Difitnah Artinya Dosa Kita Diambil'

Dan karena keterlibatan dengan otoritas Israel dan standar ganda, kantor media Pemerintah Palestina di Jalur Gaza juga telah mengkritik beberapa platform media sosial selain Facebook, yaitu Twitter dan Instagram yang diduga menyensor konten Palestina selama eskalasi di Yerusalem.

Setidaknya dibutuhkan hingga 100 ribu pengguna di Play Store untuk memberikan ulasan bintang satu di Facebook, dan akibat turunnya rating Facebook ini diisukan bakal didepak dari Playstore.

Baca Juga: Serbuan Israel Membabi Buta, 67 Jurnalis Meninggal Dunia per 7 Oktober di Gaza

Namun, hingga saat ini belum ada konfirmasi dari pihak Facebook secara resmi. Dsy8

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU