Tes Urine Dadakan, 176 Anggota Negatif Narkoba

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 22 Feb 2021 19:12 WIB

Tes Urine Dadakan, 176 Anggota Negatif Narkoba

i

Tes urine yang digelar Polres Blitar untuk mengantisipasi keterlibatan polisi dengan narkoba. SP/Hadi Lestariono

 

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Mengantisipasi keterlibatan oknum polisi terlibat kasus pengedar dan penggunaan narkoba, Polres Blitar melakukan tes urine dadakan atas perintah kapolres Blitar AKBP Leonard M Sinambela, Senin (22/2). kegiatan ini bekerja sama dengan BNN Kabupaten Blitar dan diikuti seluruh anggota Polres Blitar.

Baca Juga: Polres Blitar Ungkap 3 Kasus Street Crime, dengan 9 Tersangka

Tes urine  mendadak tanpa pemberitahuan sebelumnya menurut Waka Polres Blitar Himawan S.IK mewakili Kapolres mengatakan, hal ini dilakukan sebagai upaya pencegahan terhadap anggota yang terlibat penyalahgunaan narkoba dan sejenisnya. 

Dalam tes urine tersebut diikuti sebanyak 176 anggota termasuk Kapolres dan Waka Polres termasuk seluruh para PJU juga ke 16 Kapolsek selain anggota lainya. Uniknya selain mengambil sampel urine, petugas juga mengambil sampel air liur (ludah) seluruh anggota yang ikuti tes serempak itu.

"Perlu diketahui tes urine ini kami lakukan untuk memastikan apakah anggota Polres Blitar benar-benar bersih dari penyalahgunaan narkotika atau tidak, sedang tes urine dan pengambilan sampel liur ini instruksi dari Mabes Polri, meski jajaran Polres Blitar sendiri tes urine memang selalu dilakukan secara berkala, dan mendadak, dimaksud agar tes urine betul betul murni," tandas Kompol Himawan pada wartawan saat didampingi Kasubag Humas AKP Imam Subechi.

Baca Juga: Saat Ditinggal Shalat Tarawih, Sapi Warga Blitar Dicuri, Korban Rugi Rp 15 Juta

Dalam hasil pemeriksaan ke 176 anggota yang dites urine tersebut dengan menunggu hasil pemeriksaan hampir dua jam tersebut, ke 176 anggota dinyatakan negatif. 

Walau dinyatakan negatif, Polres Blitar akan terus intens melakukan tes urine dadakan kepada seluruh personel.

Baca Juga: Bupati Blitar Resmikan Dua Palang Pintu Kereta Api di Wilayah Srengat dan Talun

"Semua negatif, namun kedepan kita akan intens dilakukan sebagai upaya kami perang dengan narkotika," tegas Pamen Polisi asli Malang ini.

Tampak antrian anggota Polres Blitar menunggu giliran untuk di lakukan tes urine oleh petugas Dokkes dan BNN Kab Blitar termasuk Kapolres dan Waka Polers Blitar dan seluruh para Kasat. Les

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU