Tiga Proyek Ikonik Surabaya Segera Diresmikan Maret Mendatang

 Jembatan Joyoboyo berlokasi di sisi selatan Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) . SP/PATRICK CAHYO

SURABAYAPAGI, Surabaya – Pengerjaan tiga proyek ikonik di Kota Pahlawan telah selesai digarap oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Namun sampai saat ini belum saja diresmikan dan beberapa kali mengalami pengunduran jadwal peresmian yang sebelumnya memang sudah ditargetkan.

Namun dikabarkan setelah Eri Cahyadi dilantik sebagai Wali Kota Surabaya periode 2021-2026 akan mempercepat peresmian dari tiga proyek ikonik Surabaya ini. Tiga proyek ikonik ini, Jembatan Joyoboyo, Museum Olahraga dan Basement Balai Pemuda yang mana tak lama lagi akan segera diresmikan yakni pada akhir Maret 2021.

Sebelumnya , kalangan DPRD Kota Surabaya merasa miris melihat proyek pembangunan di Surabaya yang belum bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Seperti  Jembatan Joyoboyo dan Jembatan Suroboyo, sampi saat ini belum bisa dimanfaatkan oleh warga Kota Surabaya.”ujar anggota Komisi C DPRD Kota Surabaya, Buchori Imron, Kamis (18/2).

Kepastian peresmian itu datang langsung dari Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. "Insyaallah tiga itu lah dalam waktu dekat," kata Eri, Minggu (28/2/2021). 

Proyek ikonik itu memang sudah ditunggu-tunggu warga. Eri menjelaskan, misalnya untuk Jembatan Joyoboyo dirinya sudah meminta OPD terkait agar sisa pembayaran dari Pemkot Surabaya segera dicairkan.  Jembatan Joyoboyo sendiri telah dinyatakan layak dan kuat menahan beban oleh Pakar Teknik Sipil ITS.

Sehingga, Maret ini proyek infrastruktur yang membentang dengan panjang sekitar 150 meter dan lebar 17 meter itu bisa segera diresmikan. "Saya sudah sampaikan, segera dicairkan bulan ini sehingga bulan depan bisa diresmikan terkait Jembatan Joyoboyo," terang Eri. 

Selanjutnya, basement di Balai Pemuda juga akan diresmikan pada Maret mendatang. Proyek yang sudah rampung sejak beberapa waktu lalu itu, juga akan segera diresmikan. Sementara, Alun-alun Surabaya secara keseluruhan belum bisa, lantaran terganjal lahan di Pemuda 17. 

Proyek berikutnya yang bersiap diresmikan yaitu Museum Olahraga yang berada di kompleks Gelora Pancasila. Museum yang memajang koleksi deretan atlet berprestasi asal Surabaya itu, juga menjadi proyek ikonik yang akan diresmikan pada Maret. 

Sebelumnya, Museum Olahraga yang berlokasi satu kompleks dengan Lapangan Thor di Jalan Patmosusastro No. 74 A, Darmo, Kecamatan Wonokromo ini rencananya dibuka pertengahan Februari. Hal itu diungkapkan Plt Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana ketika melakukan peninjauan pada Senin (1/2/).

Sejatinya, mantan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang akan meresmikan museum tersebut pada Desember 2020 lalu. Hanya, Risma urung meresmikan museum itu lantaran sudah didapuk Presiden RI Joko Widodo sebagai Menteri Sosial.

Eri menyebut, ketika dibuka pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Satgas Covid-19 Surabaya. Misalnya, Basement Balai Pemuda di kompleks Alun-alun Surabaya itu Eri menyebut perlu menelaah aktivitas agar tak menjadi potensi penyebaran. 

"Ini yang harus kita jaga, jangan sampai dibuka lalu penontonnya membludak. Lah ini yang bahaya," terangnya. 

"Itu yang kita koordinasikan dengan tim satgas Covid-19. Jangan sampai niatan baik menimbulkan mudarot yang besar, ini yang harus kita jaga," ungkapnya. Alq/tn/c2/an