Tiga Proyek Pemkot Mojokerto Siap Lelang Awal Tahun

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 10 Jan 2023 16:26 WIB

Tiga Proyek Pemkot Mojokerto Siap Lelang Awal Tahun

i

Pekerjaan rehabilitasi kantor PMI Kota Mojokerto siap dilelang awal tahun ini.

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto – Pemkot Mojokerto menargetkan lelang proyek fisik untuk dilakukan percepatan di awal tahun anggaran 2023 ini. Setidaknya, baru tiga paket pekerjaan infrastruktur di bawah Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRPRKP) Kota Mojokerto yang dinilai siap untuk dilelang pada Januari ini.

Kepala DPUPRPRKP Kota Mojokerto Mashudi mengungkapkan, ketiga proyek fisik tersebut merupakan paket pekerjaan yang telah rampung tahap perencanaan. Saat ini, pihaknya tengah mempersiapkan kelengkapan dokumen sebagai syarat untuk diajukan tender ke Bagian Pengadaan Barang (PBJ) dan Pembangunan Setdakot Mojokerto. ”Kalau kelengkapannya sudah selesai, bulan Januari ini kami geser (lelang) ke PBJ,” terangnya, kemarin.

Baca Juga: Respon Cepat Aduan Masyarakat, PJ Ali Kuncoro Sidak TPS Benpas dan TPA Randegan

Menurutnya, salah satu kelengkapan dokumen antara lain terkait penentuan harga satuan tertinggi (HPS). Sehingga, DPUPRPRKP menurunkan tim untuk melakukan survei di lapangan. Mashudi menyebut, ketiga paket proyek yang dipersiapkan diajukan lelang di awal tahun merupakan pekerjaan rehabilitasi fisik. Total pagu anggaran hampir mencapai Rp 10 miliar dari APBD 2023.

Masing-masing rehabilitasi kantor PMI Kota Mojokerto, pekerjaan lanjutan rehabilitasi Gedung Olahraga (GOR) dan Seni Mojopahit, serta sentuhan perbaikan di Gelora A. Yani. ”Karena memang DED (detail engineering design) sudah ada, sehingga siap meneruskan untuk lelang,” beber dia.

Di samping itu, ketiga paket proyek infrastruktur ini masuk dalam skala prioritas untuk diproses tender lebih awal. Mengingat, estimasi waktu pekerjaannya relatif lebih panjang dibandingkan proyek fisik lainnya. ”Jadi, jenis pekerjaan yang jangka panjang itu yang didahulukan.,” paparnya.

Baca Juga: Realisasi Pajak Kota Mojokerto Naik Signifikan Capai Rp 71,4 Miliar

Dengan proses lelang di awal tahun, pelaksanaan fisik diharapkan dapat tuntas di paro 2023. Khususnya rehabilitasi GOR dan Seni Majapahit yang diplot dengan pagu anggaran Rp 4,5 miliar. Mengingat, fasilitas olahraga di Jalan Gajah Mada itu bakal dijadikan sebagai salah satu venue pada perhelatan Porprov VIII Jawa Timur setelah Kota Mojokerto didapuk sebagai tuan rumah bersama dengan tiga daerah lainnya.

Selain itu, rehabilitasi Gelora A. Yani yang dijatah pagu anggaran sebesar Rp 2,9 juga ditargetkan rampung di semester pertama tahun ini. Begitu pun renovasi kantor PMI Kota Mojokerto di Jalan Mojopahit utara yang dialokasikan anggaran kurang lebih Rp 2,9 miliar. ”Yang memungkinkan lelang di awal tiga itu, karena perencanaan dan pagu anggarannya sudah,” ulas Mashudi.

Baca Juga: Pimpin Apel Pagi Pasca Libur Lebaran, Pj Ali Kuncoro Ingatkan PR Sudah Menanti

Proyek Rehab Jembatan Gajah Mada Kota Mojokerto Berbeda, Sedangkan paket proyek fisik lainnya masih belum dapat dilakukan percepatan lelang. Antara lain pekerjaan yang masuk dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang). Termasuk proyek yang dianggarkan dari dana alokasi khusus (DAK). ”(Paket proyek) yang lain-lainnya belum bisa. Tapi tetap segera kita upayakan menyusul segera,” pungkas dia.

Untuk diketahui, Sekdakot Gaguk Tri Prasetyo telah melayangkan edaran ke OPD pengampu proyek untuk melakukan percepatan lelang. Targetnya, mulai Januari sudah ada dokumen proyek yang masuk tahap lelang. Bahkan paket pengadaan barang dan jasa yang dialokasikan di APBD 2023 juga diharapkan terselesaikan di triwulan ketiga tahun anggaran. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU