TikTok Shop Akan Dibuka Lagi, Para Pedagang Lokal Pasrah Bakal Merugi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 30 Nov 2023 10:52 WIB

TikTok Shop Akan Dibuka Lagi, Para Pedagang Lokal Pasrah Bakal Merugi

i

Kondisi terkini Pusat Grosir Tanah Abang Jakarta usai TikTok Shop ditutup, mulai muncul banyak pembeli. SP/ JKT

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - TikTok Shop dikabarkan akan segera dibuka kembali setelah memiliki hak untuk kembali membuka layanannya di Indonesia, selama mendapatkan izin dari pemerintah. 

Berhembusnya kabar tersebut, menuai banyak reaksi beragam dari para pedagang, khususnya para pedagang lokal. Pasalnya, beberapa pedagang di antaranya mengaku pasrah jika pada akhirnya TikTok Shop kembali beroperasi.

Baca Juga: Serahkan Bansos, Khofifah Terus Tekan Kemiskinan Ekstrem Hingga Cegah Pelaku UMKM Terjerat Rentenir

“Kalau pemerintah mengizinkan ya silakan saja,” ungkap Lina (45), pemilik toko Lina Fashion, Kamis (30/11/2023).

Meski tidak berkomentar banyak ketika mendengar kabar ini, dia hanya bisa menyerahkan urusan tersebut kepada pemerintah. Mengingat, para pedagang tidak bisa berbuat apa-apa jika pada akhirnya TikTok Shop kembali hadir di Indonesia. 

Sementara tanggapan berbeda datang dari menurut Tia (26), karyawan di Toko Harlotte, awalnya sempat kebingungan menanggapi kabar tersebut. Sebab, tidak bisa dipungkiri Tia, para pedagang mau tidak mau harus beradaptasi dengan kemajuan teknologi saat ini.

Padahal sebelumnya, mereka masih bisa meraup untung hingga Rp20 juta per hari, bahkan mencapai Rp50 juta saat akhir pekan. Ketika TikTok Shop per 4 Oktober 2023 resmi hengkang dari Indonesia, Tia mengklaim ada sedikit peningkatan pada penjualannya.  

Baca Juga: GadePreneur Hadir Lagi Untuk Dukung UMKM Naik Kelas

“Sekarang itu Rp15 juta, kadang Rp20 juta [per hari] kalau hari-hari biasa. Kecuali Sabtu-Minggu lumayan naik, kadang Rp30 juta,” jelasnya. 

Hal itu turut dibenarkan oleh Lina. Dia menyampaikan, penjualannya mulai kembali meningkat usai TikTok Shop menutup layanannya.  

“Kalau masih ada TikTok mah benar-benar sepi kita,” ungkapnya. 

Baca Juga: Hadiri Gebyar Produk KKN, Bupati Ikfina Apresiasi Mahasiswa Untag

Sebagai informasi, TikTok secara resmi menutup layanan TikTok Shop di Indonesia per 4 Oktober 2023, seiring dengan terbitnya Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No.31/2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan melalui Sistem Elektronik. Melalui beleid tersebut, pemerintah melarang platform media sosial seperti TikTok merangkap menjalankan bisnis e-commerce. 

Dipertegas pula bahwa social commerce hanya diizinkan sebagai sarana untuk menawarkan barang dan jasa, bukan sebagai layanan transaksi jual beli. Melalui laman resminya, TikTok Shop mengumumkan tidak lagi memfasilitasi transaksi per 4 Oktober 2023. Keputusan ini diambil untuk menghormati dan mematuhi peraturan dan hukum yang berlaku di Indonesia. 

Awal penutupan TikTok Shop tersebut bermula saat para pedagang di Tanah Abang, hadirnya TikTok Shop menjadi pemicu sepinya pengunjung di Pasar Tanah Abang hingga berpengaruh terhadap penjualan para pedagang. jk-02/dsy

Editor : Desy P.

BERITA TERBARU