Tim PKM GPM Pascasarjana Unesa Gelar Kegiatan Peningkatan Mutu Sekolah

Pelatihan Penyusunan Perencanaan Pelaksanaan Evaluasi Pengendalian dan Peningkatan Mutu Sekolah di Kabupaten Nganjuk pada 2 Oktober 2021 secara luring. SP/FJ

SURABAYAPAGI, Nganjuk -  Program Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu bentuk implementasi tri dharma perguruan tinggi. Bentuk pengabdian yang dilakukan oleh TIM PKM GPM Pascasarjana Unesa yaitu merancang kegiatan yang berfokus pada manajemen program di bidang Pendidikan di Kabupaten Nganjuk.

Kabupaten Nganjuk dipilih karena memiliki potensi luar biasa dalam peningkatan bidang Pendidikan. Namun menurut roadmap Standar Pelayanan Minimal (SPM), pelaksanaan Pendidikan dasar di Kabupaten Nganjuk belum memenuhi target yang ditentukan.

Hal inilah yang melatarbelakangi TIM PKM GPM Pascasarjana Unesa untuk merancang program pencapaian mutu sekolah berbasis Pelatihan Penyusunan Perencanaan Pelaksanaan Evaluasi Pengendalian dan Peningkatan Mutu Sekolah di Kabupaten Nganjuk.

fcascsf

Kegiatan ini dilaksanakan pada 2 Oktober 2021 secara luring, dilanjutkan dengan pendampingan secara daring hingga November, melibatkan 15 SMPN di Kabupaten Nganjuk dan 15 guru sebagai peserta untuk mewakili setiap sekolah.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini meliputi materi kebijakan mutu Pendidikan dasar dan menengah, materi PPEPP dan evaluasi mutu, materi identifikasi dan analisis kondisi sekolah, materi identifikasi dokumen pendukung PPEPP, materi penyusunan dokumen perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan, materi collecting, penyimpanan dan pemanfaatan data sekolah serta materi penyusunan laporan PPEPP.

Hasil kegiatan PPEPP di Kabupaten Nganjuk menunjukkan adanya peningkatan pemahaman  materi pada semua pertanyaan yang diberikan. Peningkatan ditunjukkan dengan kenaikan jawaban yang diperoleh dari 68,67 menjadi 91,33. Sedangkan dari segi praktis juga menunjukkan hasil adanya peningkatan dalam menyusun PPEPP Sekolah.fj