Tim PKM GPM Pascasarjana Unesa Gelar Kegiatan Peningkatan Mutu Sekolah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 02 Des 2021 16:28 WIB

Tim PKM GPM Pascasarjana Unesa Gelar Kegiatan Peningkatan Mutu Sekolah

i

Pelatihan Penyusunan Perencanaan Pelaksanaan Evaluasi Pengendalian dan Peningkatan Mutu Sekolah di Kabupaten Nganjuk pada 2 Oktober 2021 secara luring. SP/FJ

SURABAYAPAGI, Nganjuk -  Program Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu bentuk implementasi tri dharma perguruan tinggi. Bentuk pengabdian yang dilakukan oleh TIM PKM GPM Pascasarjana Unesa yaitu merancang kegiatan yang berfokus pada manajemen program di bidang Pendidikan di Kabupaten Nganjuk.

Kabupaten Nganjuk dipilih karena memiliki potensi luar biasa dalam peningkatan bidang Pendidikan. Namun menurut roadmap Standar Pelayanan Minimal (SPM), pelaksanaan Pendidikan dasar di Kabupaten Nganjuk belum memenuhi target yang ditentukan.

Baca Juga: Unesa Terima 4.733 Camaba Lewat Jalur SNBP 2024

Hal inilah yang melatarbelakangi TIM PKM GPM Pascasarjana Unesa untuk merancang program pencapaian mutu sekolah berbasis Pelatihan Penyusunan Perencanaan Pelaksanaan Evaluasi Pengendalian dan Peningkatan Mutu Sekolah di Kabupaten Nganjuk.

fcascsffcascsf

Baca Juga: UNESA Sajikan Buka Puasa Gratis untuk 2500 Orang Setiap Hari

Kegiatan ini dilaksanakan pada 2 Oktober 2021 secara luring, dilanjutkan dengan pendampingan secara daring hingga November, melibatkan 15 SMPN di Kabupaten Nganjuk dan 15 guru sebagai peserta untuk mewakili setiap sekolah.

Materi yang disampaikan dalam kegiatan ini meliputi materi kebijakan mutu Pendidikan dasar dan menengah, materi PPEPP dan evaluasi mutu, materi identifikasi dan analisis kondisi sekolah, materi identifikasi dokumen pendukung PPEPP, materi penyusunan dokumen perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan, materi collecting, penyimpanan dan pemanfaatan data sekolah serta materi penyusunan laporan PPEPP.

Baca Juga: KJRI Jeddah Beri Amanah UNESA untuk Kembangkan Model Kurikulum Pendidikan Sekolah Urban

Hasil kegiatan PPEPP di Kabupaten Nganjuk menunjukkan adanya peningkatan pemahaman  materi pada semua pertanyaan yang diberikan. Peningkatan ditunjukkan dengan kenaikan jawaban yang diperoleh dari 68,67 menjadi 91,33. Sedangkan dari segi praktis juga menunjukkan hasil adanya peningkatan dalam menyusun PPEPP Sekolah.fj

 

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU