Tim Teri.id Untag Surabaya Raih Juara 1 Kelas Nasional

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 11 Des 2020 15:09 WIB

Tim Teri.id Untag Surabaya Raih Juara 1 Kelas Nasional

i

Mahasiswa Universitas 17 Agutus 1945 (Untag) Surabaya kembali mengoleksi prestasi juara. SP/ Kasyfi Fahmi

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Lagi lagi, Mahasiswa Universitas 17 Agutus 1945 (Untag) Surabaya kembali mengoleksi prestasi juara. Kali ini, Tim Teri.id berhasil menjadi pemenang Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo 2020. Jumat (11/12/2020).

Tim Teri.id terdiri dari 4 orang mahasiswa, yakni Rhika Putri Dewi, M. Mujaddid Izzul Ummah Mualo, Lamasihu Tehuayoo dan Yunita Ismawati Sukunora menjadi Juara 1 untuk kategori makanan dan minuman. “Jujur seneng banget Alhamdulillah, karena proses untuk jadi pemenang ini bener-bener gak mudah, waktu yang gak singkat dan prosesnya panjang,” ujar Rhika, Ketua Tim Teri.id.

Baca Juga: Imigrasi I Surabaya Berhasil Terbitkan Hampir 10 Ribu Paspor

Kompetisi KMI diadakan oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud yang bertujuan untuk memaksimalkan serta memunculkan potensi para mahasiswa melalui dunia wirausaha. Rhika dan timnya mengangkat produk makanan berbahan dasar ikan teri pilihan yang diambil langsung dari petani tambak di Ternate, Maluku Utara.

“Sambal goreng ikan teri kami sama sekali tidak menggunakan bahan pengawet, memiliki ketahanan hingga 2 bulan serta memiliki 3 tingkatan pilihan level kepedasan. Jadi dapat disesuikan dengan selera pelanggan kami," jelas Rhika.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Usulkan SERR ke Pusat

Rhika mengaku timnya menghadapi tantangan, “Lebih ke waktu antar anggota tim Teri.id sih, karena masing-masing memiliki kesibukan. Selain berkuliah, ada yang bekerja, berjualan, ada yang organisasi dan ada juga yang sambal magang. Kami juga tidak berada dalam satu kota yang sama, ditambah lagi bertepatan dengan UTS. Jadi bener-bener harus bisa membagi waktu.” Pelaksanaan lomba, lanjut Rhika, juga menantang, “Ini tahun pertama diadakan secara online dan kemarin diselenggarakan melalui Hopin.com, jadi masih asing banget. Alhamdulillah kita bisa belajar sama-sama, saling membantu, apalagi ada Mbak Rahma,".

Persiapan expo virtual ini kurang lebih membutuhkan waktu selama 2 bulan. Melihat 70 bungkus produk Teri.id terjual dalam KMI Expo 2020, anggota tim mengaku sangat terharu dan semakin percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki. 

Baca Juga: Tingkatkan Kepuasan Masyarakat, Satpas SIM Colombo Gaungkan Pelayanan Prima dan Transparansi

Expo digital ini dilakukan secara luring maupun daring, Ruang Q210 Gedung Graha Prof. Roeslan Abdulghani menjadi tempat stand virtual. Dengan penuh keyakinan dan optimis yang dimiliki dalam waktu dekat, Teri.id akan mendirikan rumah produksi sendiri, “Rencananya, Januari 2021 kami juga mengurus sertifikat halal serta bekerjasama dengan restoran dan minimarket. Harapannya kami bisa melakukan ekspor ke luar negeri minimal di Asia Tenggara," pungkasnya. mbi

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU