Timbulkan Kerumunan, Rekrutmen Karyawan Dibubarkan

Satgas Covid-19 Tulungagung membubarkan kegiatan rekrutmen karyawan yang dilakukan Bank BCA. SP/ DECOM

SURABAYAPAGI.com, Tulungagung – Wabah Covid-19 yang semakin berbahaya membuat satgas Covid-19 Tulungagung membubarkan kegiatan rekrutmen karyawan yang dilakukan Bank BCA dikarenakan menimbulkan kerumunan massa. Pembubaran tersebut untuk memutus rantai penyebaran klaster Covid-19 di Tulungagung.

Menanggapi hal tersebut, wakil Jubir Satgas Covid-19 Tulungagung Galih Nusantoro, mengatakan pembubaran itu dilakukan setelah pihaknya menerima pengaduan masyarakat terkait kerumunan di kantor cabang BCA di Jalan Pangeran Diponegoro, Kelurahan Tamanan, Tulungagung.

"Setelah ada pengaduan itu, kami langsung menindaklanjuti dengan menghubungi mereka (BCA) melalui telepon dan mengimbau untuk buyar," kata Galih, Selasa (19/1/2021).

Tim Satgas Covid-19 kemudian mendatangi lokasi kerumunan guna memastikan kondisi di kantor bank swasta itu. Di tempat tersebut pihaknya mendapati sebagian kerumunan antrean calon pegawai telah meninggalkan tempat.

"Tapi di situ masih banyak orang. Akhirnya mereka diminta untuk membubarkan diri," ujarnya.

Galih menjelaskan, Satgas Covid-19 Tulungagung juga memberikan sosialisasi langsung kepada pihak BCA terkait larangan berkerumun di masa pandemi. Sekaligus meminta agar sistem rekrutmen dilakukan lebih rapi dan tidak menimbulkan kerumunan massa.

"Ya kami minta jangan begitu caranya, bisa memanfaatkan teknologi dan sebagainya. Namun untuk lebih lanjutnya pihak BCA akan dipanggil komandan satgas, yakni Pak Bupati untuk dimintai keterangan," jelas Galih.

Menurutnya,  pihak BCA mengaku kerumunan massa itu hanya kegiatan pengumpulan surat lamaran pekerjaan, dari para calon pegawai. "Katanya hanya pengumpulan lamaran, tapi tadi sempat tanya ke calon karyawan itu, katanya interview," imbuhnya.

Dikonfirmasi terpisah Pimpinan Cabang BCA Tulungagung Toni Kalay enggan berkomentar banyak, pihaknya hanya menjelaskan jika peristiwa tersebut hanya pengumpulan surat lamaran.

"Saya belum bisa menjawab, itu cuma mengumpulkan lamaran pekerjaan aja," kata Toni. Dsy8