Tingkatan Pelayanan, PLN Bangun Penyulang 47 Kms di Jember

Petugas PLN saat membangun penyulang 47 kms di Jember. SP/ Arlana

SURABAYAPAGI.com, Jember - Komitmen memberikan pelayanan optimal dengan meningkatkan keandalan, PLN UP3 Jember membangun penyulang baru sepanjang 47 kms dan Gardu Hubung (GH) Mayang.

"Pembangunan infrastruktur kelistrikan tersebut bertujuan untuk perbaikan tegangan ujung dan mengurangi susut jaringan, serta mendukung peningkatan perekonomian di sektor industri dengan kesiapan untuk melayani pelanggan premium di wilayah Kalisat dan sekitarnya," papar Manager UP3 Jember, Hamzah.

Dalam kurun waktu pengerjaan selama 4 bulan, PLN bekerjasama dengan stakeholder eksternal mulai dari kelurahan, Dinas PU Kota Jember hingga Polres Jember.

Lebih lanjut Hamzah menambahkan, penyulang baru tersebut dapat memasok listrik sebanyak 4.625 pelanggan baru dengan daya 900 VA. Sebelumnya, wilayah Kalisat dan sekitarnya dilayani penyulang kalisat dengan tegangan ujung 17.2 kV dan penyulang gumitir 17.4 kV.

"Sinergi dan koordinasi dengan stakeholder setempat membuat pengerjaan penyulang ini nyaris tak ada kendala. Kendala lain bersifat teknis seperti penanaman tiang pada badan jalan raya dapat teratasi dengan baik. Kami berharap dengan ditambahnya penyulang baru tersebut mampu meningkatkan layanan kami khususnya di sisi keandalan," pungkas Hamzah, Rabu (16/6/2021).

Tercatat, hingga April 2021, panjang Jaringan Tegangan Menengah (JTM) PLN UID Jawa Timur sampai dengan Mei 2021 sepanjang 40.685,2 KMS, panjang Jaringan Tegangan Rendah (JTR) 76.898 KMS dan gardu trafo sebanyak 67.167 buah yang melayani 12.602.135 pelanggan di seluruh wilayah Jawa Timur.

Sementara untuk rencana penyulang baru tahun 2021, terdapat Penyulang Arabika di UP3 Surabaya Utara sepanjang 1,55 kms, penyulang untuk pembebanan Gardu Induk New Porong UP3 Pasuruan 2,4 kms, dan penyulang Borang UP3 Gresik 1,3 kms. By