Tingkatkan Ekonomi Warga Tandes, Pemkot Surabaya Bangun Sentra Kuliner

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 16 Mar 2023 07:24 WIB

Tingkatkan Ekonomi Warga Tandes, Pemkot Surabaya Bangun Sentra Kuliner

i

Tanah aset milik Pemkot Surabaya. Foto: Pemkot Surabaya.

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya berencana membangun Sentra Wisata Kuliner (SWK) di wilayah Kecamatan Tandes. Rencananya, SWK itu akan dibangun di aset milik pemkot di Kelurahan Tandes guna meningkatkan potensi ekonomi masyarakat di sekitarnya.

Lurah Tandes Ummi Kalsum mengatakan, pembangunan SWK tersebut bertujuan untuk menggerakkan roda perekonomian dan pemberdayaan masyarakat. Terkait perencanaan itu, Ummi mengaku telah melakukan sosialisasi bersama Ketua RW, Ketua RT, dan LPMK setempat.

Baca Juga: Imigrasi I Surabaya Berhasil Terbitkan Hampir 10 Ribu Paspor

“Rencana pembangunan SWK ini, juga selaras dengan perencanaan di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian, dan Pengembangan (Bappeda Litbang). Dan sudah kami rapatkan bersama dengan RT, RW, dan LPMK pada 7 Maret lalu, terkait lokasi mana yang akan digunakan sebagai tempat SWK,” kata Ummi, Selasa (14/3/2023).

Menurutnya, pemkot akan menggunakan lahan itu untuk SWK agar aset tersebut tidak dimanfaatkan oleh pihak lain. Pasalnya, sejauh ini lahan tersebut sempat digunakan oleh pihak lain, namun mereka bersedia untuk pindah lokasi.

“Paling lambat akhir Mei 2023 sudah harus meninggalkan lokasi. Setelah itu, akan kami koordinasikan lagi RT, RW, dan LPMK untuk menampung kegiatan ekonomi warga Kelurahan Tandes,” ujarnya.

Ummi mengatakan, kurang lebih ada 30 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Kelurahan Tandes yang siap menempati lahan tersebut. Rencana pembangunan SWK ini pun disambut baik oleh warga yang ingin menggerakkan ekonomi kerakyatan.

Ketua LPMK Kelurahan Tandes Sutono menyambut baik rencana Pemkot Surabaya dalam rangka menggerakkan ekonomi kerakyatan di wilayahnya. Menurutnya, ketika lahan seluas kurang lebih 1,423 meter persegi itu dimanfaatkan sebagai tempat SWK, maka perekonomian di Kelurahan Tandes dapat bergerak pesat.

Baca Juga: Pemkot Surabaya Usulkan SERR ke Pusat

“Rencana ini disambut baik oleh warga. Setelah rapat dengan Bu Lurah, banyak warga di wilayah kami yang setuju,” ujar Sutono.

Selain menggerakkan perekonomian warga, Sutono berharap, SWK di Kelurahan Tandes itu nantinya bisa menjadi ikon di wilayahnya. Selain itu, ia juga berharap SWK itu bisa membawa perubahan positif bagi warga Kelurahan Tandes ke depannya.

“Kami dan warga tentu mendukung program Pak Wali Kota (Eri Cahyadi) mewujudkan ekonomi kerakyatan di Surabaya, utamanya di Kelurahan Tandes,” harapnya.

Sementara itu, Ketua RW 02 Kelurahan Tander Henoch Purba Gerhana menuturkan, aset milik pemkot tersebut sebelumnya sempat dimanfaatkan oleh pihak lain. Agar lahan itu tidak dimanfaatkan oleh segelintir orang, menurutnya lebih baik digunakan sebagai tempat UMKM warga Kelurahan Tandes.

Baca Juga: Tingkatkan Kepuasan Masyarakat, Satpas SIM Colombo Gaungkan Pelayanan Prima dan Transparansi

“Setidaknya kan UMKM dari Kelurahan Tandes ini bisa mendapatkan fasilitas tempat untuk mengembangkan usahanya. Terkait rencana pembangunan SWK, itu sudah kami sosialisasikan kepada warga bersama Lurah, LPMK, dan tokoh masyarakat,” jelas Henoch.

Henoch pun berharap, aset pemkot yang akan digunakan sebagai sentra kuliner di wilayah Kelurahan Tandes itu bisa mengubah perekonomian warga. Sehingga nantinya wilayah di Kelurahan Tandes akan semakin ramai dan mempunyai ikon tersendiri.

“Aksesnya pun mudah, tapi kenapa suasana saat malam hari itu kelihatan mati. Maka dari itu, warga ingin di Kelurahan Tandes ini ada tempat khusus untuk UMKM dan kawasan ini menjadi ramai kalau malam hari, tidak menjadi sepi seperti sekarang,” pungkasnya. sb

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU