Tingkatkan IPM Wujudkan Kemandirian Ekonomi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 02 Nov 2023 17:47 WIB

Tingkatkan IPM Wujudkan Kemandirian Ekonomi

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti mendorong Pemerintah Kota Surabaya untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) agar dapat meningkatkan kualitas hidup manusia dan meningkatkan pula produktivitas masyarakat serta menumbuhkan  daya saing ekonomi daerah, untuk mewujudkan kemandirian ekonomi.

Reni yakin jika Pemkot mampu mewujudkan dorongan itu. Pasalnya, Pemkot sudah menelurkan aplikasi khusus untuk Kader Surabaya Hebat (KSH) untuk merangkum data. Jadi, perihal aplikasi untuk mengoleksi profil anak-anak muda produktif pasti bukan hal yang sulit.

Baca Juga: Perbaiki Mindset, Reni Astuti: Bantuan Adalah Kewajiban Pemerintah

“Ini juga jadi wujud komitmen untuk memajukan daerah. Jika ada kemauan, program atau aplikasi itu pasti bisa diwujudkan dengan mudah,” ungkap Reni.

Baca Juga: Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti Mendorong Pemkot Pastikan BLT Tepat Sasaran

Pada akhirnya, selain IPM yang meningkat dan TPT berkurang signifikan, ada nilai plus lain yang bakal didapatkan Surabaya jika menerapkan saran dari dewan.

Aplikasi itu Tidak hanya untuk menampung tenaga kerja semaksimal mungkin. Adanya pelatihan dari Pemkot yang sesuai dengan bidang yang ingin ditekuni anak-anak, membuat kualitas Sumber Daya Manusia di Surabaya meningkat. Daya saing ekonomi Surabaya juga bakal melesat.

Baca Juga: Komisi B Dorong Wisata Lokal Surabaya Tambah Fasilitas

Diantaranya, kualitas hidup manusia meningkat, meningkatkan pula produktivitas masyarakat dan daya saing ekonomi daerah, serta mewujudkan kemandirian ekonomi. Hal itu sesuai dengan program prioritas aksi Presiden RI Joko Widodo dalam Nawacita. Alq

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU