Tingkatkan Kesehatan Masyarakat, Bupati Ikfina Gelar Diskusi Penyelarasan Program dengan PT Ajinomoto Indonesia

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 29 Jan 2023 16:31 WIB

Tingkatkan Kesehatan Masyarakat, Bupati Ikfina Gelar Diskusi Penyelarasan Program dengan PT Ajinomoto Indonesia

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Dalam upaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat di Bumi Majapahit, Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati menggelar diskusi penyelarasan program dengan PT. Ajinomoto Indonesia.

Pelaksanaan diskusi penyelarasan program tersebut digelar, karena PT. Ajinomoto Indonesia memiliki berbagai program kesehatan masyarakat untuk membantu memperpanjang harapan hidup sehat masyarakat dan mengurangi dampak lingkungan.

Baca Juga: Perkokoh Sinergitas, Pemkab Mojokerto Gelar Buka Puasa Bersama Ratusan Ulama dan Umaro

Diskusi penyelarasan program yang diselenggarakan di ruang rapat PT Ajinomoto Indonesia, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto, pada Jumat (27/1) pagi. Juga turut dihadiri Asisten perekonomian dan pembangunan Haryono, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto dr. Ulum Rokhmat, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Nurul Istiqomah, dan Plt. Kepala DP2KBP2 Ludfi Ariyono.

Dalam sambutannya, Direksi PT. Ajinomoto Indonesia Yudho mengungkapkan, bahwa PT. Ajinomoto Indonesia ingin berkontribusi dalam hal kesehatan masyarakat, karena PT. Ajinomoto Indonesia memiliki visi terkait dengan kesehatan yakni memberikan harapan usia hidup yang lebih panjang bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Kita ingin berkontribusi disitu, dengan produk-produk kami dan layanan kami. Kami juga memiliki hal yang bisa kita pakai bersama yaitu teknologi dan pemahaman dalam memproduksi bahan-bahan pangan," ujarnya.

Selain ingin memberikan harapan usia hidup yang lebih panjang, lanjut Yudho, PT. Ajinomoto Indonesia juga memiliki visi untuk kesehatan bumi, dengan melakukan aktivitas mengurangi dampak lingkungan yang disebabkan oleh industri.

"Kami juga ingin menekan dampak lingkungan itu, sebesar 50 persen di tahun 2030, Saat ini kami juga melakukan upaya untuk menghemat energi, misalnya solar panel ini yang sedang kami lakukan," bebernya.

Dalam paparannya, terkait kesehatan masyarakat PT. Ajinomoto Indonesia memiliki berbagai program yakni 'Health Provider' Ajinomoto Share Value (ASV) activities dengan melibatkan seluruh karyawan dan keluarga untuk menjadi Health Provider dan mempromosikan ASV sebagai inisiatif masing-masing orang, serta menyampaikan informasi gizi kesehatan kepada masyarakat sekitar agar membuat masyarakat lebih sehat.

Baca Juga: Bupati Mojokerto Instruksikan Percepatan Pembangunan Infrastruktur Rp 340 Miliar

Selain itu, untuk melaksanakan program 'Health Provider' Ajinomoto Share Value (ASV) activities, PT. Ajinomoto Indonesia memiliki berbagai cara yakni dengan melaunching produk baru yakni Masako less salt, mempromosikan aktivitas bijak garam, studi dengan Global Communication (GC) Dept  di AJICO.

Selanjutnya, memberikan literasi gizi dan peran umami, mengadakan program 'School Lunch' yang bertujuan untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan anak Indonesia melalui gizi seimbang, melaksanakan Elderly project gizi untuk lansia, dan about dapur umami.

Sementara itu, terkait Visi PT. Ajinomoto Indonesia terhadap kesehatan masyarakat dan mengurangi dampak lingkungan, Bupati Ikfina sangat mendukung atas program tersebut, Ia menilai kesehatan masyarakat, memperbaiki kualitas SDM, dan mengatasi masalah lingkungan sangat perlu dilakukan.

"Salah satu permasalahan kesehatan kita yang menyebabkan pada penyakit yang degeneratif yaitu kurangnya konsumsi sayur dan buah, terutama sayur, karena komposisi gizi seimbang itu akan benar kalau jumlah sumber karbonya sama dengan ekuivalen jumlah sayur," ujarnya.

Baca Juga: Ratusan Anak Yatim Trowulan Terima Santunan Bupati Ikfina

Terkait pemenuhan gizi yang seimbang, Orang nomor satu di lingkup Pemerintah Kabupaten Mojokerto juga menjelaskan, bahwa permasalahan stunting sangat erat kaitannya dengan kurangnya asupan gizi, dan pada saat ini, Pemkab Mojokerto tengah fokus pada remaja putri dan ibu hamil.

"Jadi ketika ibu hamil ini kurangan gizi kronis dan ibunya kurus, maka dia akan melahirkan bayi yang stunting," bebernya.

Bupati Ikfina juga mengharapkan, program yang dilaksanakan oleh PT. Ajinomoto Indonesia untuk kesehatan masyarakat dan mengurangi dampak lingkungan dapat ditindaklanjuti dan dikembangkan bersama Pemkab Mojokerto.

"Mungkin nanti kita bisa lakukan MoU agar jelas, terus melakukan program ini yang bagaimana, targetnya siapa, dan seperti apa," pungkasnya. Dwi

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU