Tingkatkan Kesejahteraan UMKM, Indomaret Gelar Pelatihan Kewirausahaan

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 29 Sep 2021 15:45 WIB

Tingkatkan Kesejahteraan UMKM, Indomaret Gelar Pelatihan Kewirausahaan

i

Branch Manager PT Indomarco Prismatama bawa city Branding Lamongan Megilan beri motivasi ke peserta UMKM.SP/MUHAJIRIN KASRUN

SURABAYA PAGI, Lamongan - Bertempat di Aula Pertemuan Gajah Mada Setda Lamongan, ritel modern Indomaret bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag),  perbankan mulai Bank Jatim, Bank Daerah, BNI, BRI, dan Bank Mandiri ini menggelar pelatihan kewirausahaan mandiri UMKM, Rabu (29/9/2021).

Pelatihan kewirausahaan untuk bangkit bersama, mengambil tema strategi UMKM bertahan di masa pandemi covid-19 itu seperti disampaikan oleh Branch Manager PT Indomarco Prismatama Cabang Gresik Veronica Gratiawati, diharapkan mampu mempercepat pencapaian kesejahteraan UMKM, melalui dukungan permodalan dan pemasaran yang lebih luas.

Baca Juga: 13 UMKM Ekspor 3.300 Handicraft ke Kanada

"Kami di Indomaret sangat support bagaimana para pelaku UMKM di Lamongan terus bisa memproduksi dan berinovasi, dengan menghasilkan produk dengan kualitas bagus yang bisa dilepas ke pasaran umum," kata Veronica Gratiawati memberi semangat kepada pelaku UMKM.

Pelatihan Kewirausahaan Mandiri (UMKM ) dan Bantuan Penyerahan Gerobak ini kata Veronica sebagai tindak lanjut kerjasama untuk kesekian kalinya dengan Pemkab Lamongan yang selama ini  dengan sangat hangat menerima Indomaret sebagai retail yang dipercaya sebagai tempat untuk memasarkan produk produk UMKM.

"Perlu kami laporkan juga Pak Bupati untuk produk UMKM Lamongan ada 16 Item yang sudah di pasarkan di 51 gerai Indomaret dengan penjualan Rp 13.971.548 / bulan. Dimana ada produk dengan sales tertinggi yaitu : An-nur Wedang  Pokak PCH SOg dengan Penjualan RP 207.273 / Bulan," terangnya.

Dalam kesempatan pelatihan ini, pihak Indomaret memberikan bantuan untuk peserta UMKM, diantaranya pemberian 3 unit gerobak UMKM, pemberian sarana alat bantu timbangan digital untuk seluruh peserta. " Dan yang tidak kalah penting adalah Ilmu yang akan di dapat di acara kali ini semoga bisa menambah pelaku UMKM untuk berinovasi dan berinvasi," harapnya.

Baca Juga: OJK Ajak Perempuan Raih Kesejahteraan Finansial

 WhatsApp_Image_2021-09-29_at_16.12.17WhatsApp_Image_2021-09-29_at_16.12.17

Penerima bantuan berfoto bersama dengan bupati, Wabup dan Branch Manager PT Indomarco Prismatama.SP/MUHAJIRIN KASRUN

Sementara itu, kegiatan pelatihan UMKM kali ini adalah kegiatan yang ke-38 di tahun 2021, yang mana sebelumnya sudah diadakan di tahun 2020 sebanyak 25 kali di beberapa kota besar. Kami, aktif mengadakan Seminar UMKM guna mendukung program pemerintah kota/kab demi kemajuan para pelaku usaha UMKM. 

Baca Juga: KKP Dorong Ratusan UMKM Naik Kelas

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi ketika membuka acara tersebut mengungkapkan, bahwa saat ini di Lamongan terdapat lebih dari 300 ribu pelaku UMKM yang termasuk di dalamnya 17.212 unit IKM (Industri Kecil Menengah). Selain itu, terdapat 16 produk dari 13 IKM Lamongan yang sudah lolos akurasi retail modern dan telah terdistribusi di 51 gerai.

"Tujuannya yakni terus membangun ekosistem dalam pembinaan UMKM, hampir 351 ribu UMKM yang dibimbing di Lamongan. Dengan jumlah tersebut, bisa dikatakan hampir 25-30 persen masyarakat Lamongan sebagai pelaku usaha yang kontribusinya sangat besar dalam ekonomi Kabupaten Lamongan. Untuk itu, kita terus perlu membina ekosistem itu,” ungkap bupati.

Pemerintah Kabupaten Lamongan akan terus memfasilitasi UMKM Lamongan melalui berbagai kemudahan dalam perijinan, permodalan, pembinaan, sarana prasarana, serta pemasaran produk. “Pemkab akan terus menciptakan iklim usaha yang lebih baik, kami akan mendorong dan menciptakan 10 ribu wirausaha baru dari sektor UMKM dan IKM ini. Kita juga akan membangun co-working space sebagai tempat membina ekosistem tersebut, pasarnya kita buat, kualitas produknya akan kita tingkatkan, yang paling penting punya daya saing untuk bersaing dengan produk lainnya,” terangnya.jir

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU