Tingkatkan Ketahanan Pangan, Pemdes Candinegoro Bakal Beri Bantuan Bibit dan Obat Pertanian Secara Gratis

author surabayapagi.com

- Pewarta

Selasa, 28 Nov 2023 18:07 WIB

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Pemdes Candinegoro Bakal Beri Bantuan Bibit dan Obat Pertanian Secara Gratis

i

Sema'un Kepala Desa Candinegoro. SP/ Jumain Agus, S

SURABAYA PAGI, Sidoarjo - Sebagai upaya membangun ketahanan pangan Pemerintah Desa  (Pemdes) Candinegoro, Kecamatan Wonoayu, Sidoarjo betencana bakal memberi bantuan berupa bibit padi dan obat pertanian secara gratis kepada warga petani, serta membangun jalan usaha tani (JUT).

Kepala Desa (Kades) Candinegoro, Sema'un mengatakan bahwa, bantuan berupa bibit pertanian dan obat - obatan pertanian kepada warga petani secara gratis tersebut, nantinya akan diberikan saat petani mulai melakukan penanaman dan pemupukan tanaman padi.

Baca Juga: Kades Candinegoro Lantik Dua Perangkat Desa Baru

"Bantuan pertanian itu sebagai upaya mewujudkan ketahan pangan program pemerintah," ujar Sema'un, saat ditemui di kantornya. Selasa (28/11/2023).

Selain memberikan bantuan bibit dan obat - obatan pertanian, pihaknya juga bakal membangun jalan usaha tani (JUT). Hal ini dalam rangka memberikan kemudahan transportasi warga petani saat mengangkut hasil panenya.

"Anggaran ketahanan pangan dari sektor pertanian memang dialokasikan 20 persen dari dana desa. Dan dengan adanya anggaran ketahanan pangan ini. Warga kami yang mayoritas bekerja sebagai petani merasa terbantu," jelasnya.

Baca Juga: Jaga Ketahanan Pangan, Pemkot Surabaya Panen Padi bersama Poktan Sri Sedono

Kades Sema'un menuturkan bagi penerima bibit padi dan obat peranian juga diberikan edukasi dari penyuluh pertanian dari UPT dinas pertanian Kecamatan Tarik.

“Kami memberikan edukasi cara menanam dan merawat. Jadi bukan hanya sekedar menanam saja, namun diberikan pelatihan secara teknis terkait pemahamannya,” tuturnya.

Baca Juga: Bupati Sumenep Launching Kartu Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi Buruh Tani dan Petani Tembakau

Sementara itu, salah satu warga petani desa setempat, Suwarto merasa berterima kasih dengan adanya penyuluhan dari petugas penyuluh pertanian kecamatan tarik yang didapatnya setiap setahun sekali. Bahkan ia juga mengaku merasa senang lantaran pihak Pemdes Candinegoro berencana akan memberi bantuan berupa bibit padi dan obat pertanian secara gratis.

" Setiap tahun kami selalu diberikan penyuluhan dari petugas penyuluh pertanian kecamatan. Dan alhamdulillah mas, bantuan bibit dan obat obatan pertanian dari Pemdes itu, nantinya bisa meringankan beban bagi para petani, " pungkasnya.jum

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU