Tingkatkan Layanan Keimigrasian, Kanim Tanjung Perak Terapkan 10 Program Unggulan

Petugas Imigrasi Perak saat melakukan pemeriksaan berkas pemohon. SP/Semmy Mantolas

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Upaya peningkatan pelayanan keimigrasian di  Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Perak terus dilakukan. Langkah tersebut sebagai bagian dalam peningkatan layanan publik khususnya berkaitan dengan pengurusan paspor.

Kepala seksi teknologi informasi dan komunikasi keimigrasian (Kasi Tikim) I Gede Semara Jaya, S.H., M.H menyampaikan, pihaknya sejak lama telah menerapkan sejumlah inovasi unggulan dalam bidang pelayanan publik.

Setidaknya terdapat 10 inovasi unggulan yang telah diciptakan Imigrasi Perak dalam optimalisasi pelayanan publik. Diantaranya adalah inovasi aplikasi perdim online care (Pointer), aplikasi e-clearance care (siera), valet parking care (vera), Souvenir care (so care), delivery care (deli care), books and qr code care (bosq care), serta ora dowo pemeriksaane (ODP).

"Sejumlah inovasi telah dilakukan oleh Kanim Tanjung Perak dalam meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat. Semua layanan kita lakukan berbasis online. Kanim Tanjung Perak melalui program Eazy Paspor juga mempermudah masyarakat untuk memperoleh pelayanan paspor secara kolektif," kata I Gede Semara Jaya kepada Surabaya Pagi.

Melalui 10 program unggulan tersebut, setidaknya pada Juli lalu Kanim Tanjung Perak mendapatkan nilai sempurna untuk indeks kepuasan masyarakat yakni 20 dari skala 20. Sementara untuk bulan Agustus 2021 terbilang sangat baik, dengan indeks kepuasan masyarakat sebesar 19,98 dari skala 20.

Sebagai informasi, aplikasi pointer ala imigrasi Perak, merupakan aplikasi layanan paspor dengan pengisian perdim secara online. Tujuannya adalah agar proses permohonan paspor oleh pemohon dapat dengan cepat ditangani.

Berikutnya untuk inovasi siera ditujukan untuk membantu proses pelayanan pelaporan kedatangan dan keberangkatan kapal yang dilakukan secara elektronik, sehingga mempercepat proses pemeriksaan.

Tak hanya itu, guna membantu pemohon dalam mendapatkan paspor yang telah dibuat, pihak Kanim Tanjung Perak juga menerapkan inovasi deli care. Inovasi ini berupa kompensasi pengiriman paspor pemohon baik WNI maupun WNA dan diantar langsung oleh petugas ke rumah pemohon.

"Jadi ini kompensasi yang diberikan apabila ada kendala pada sistem sehingga pembuatan paspor tidak selesai tepat waktu," ucapnya.

Tak hanya itu saja, pihak Kanim Tanjung Perak juga memberikan layanan makan dan minum gratis kepada pemohon selama menunggu proses layanan dokumen yang dilakukan oleh petugas. Pemberian makanan dan minuman gratis ini kemudian disebut dengan Mami Ira (makan minum iki ra bayar).

"Ada juga fasilitas berupa makanan ringan dan minuman gratis yang diantarkan oleh petugas langsung ke tempat duduk ruang pelayanan," akunya.

Diharapkan dengan adanya inovasi-inovasi tersebut, tahun 2021 ini Kanim Tanjung Perak mampu meraih zona integritas wilayah bebas bersih melayani (WBBM) dari Kemenpan-RB. sem