Tingkatkan Layanan Publik, Polres Trenggalek Sediakan Pelayanan SKCK Keliling

Pelayanan ppenerbitan SKCK Keliling oleh Polres Trenggalek. SP: Ariandi

SURABAYAPAGI.COM, Trenggalek - Kepolisian Resor (Polres) Trenggalek terus berinovasi dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Salah satu aksi yang dilakukan adalah pelayanan penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) keliling. Sedikit berbeda, pelayanan SKCK saat ini bisa dinikmati masyarakat luas di berbagai lokasi dimana sebelumnya hanya biasa digelar secara stationer di ruang pelayanan Mapolres.

Polres Trenggalek melalui Satintelkam membuka pelayanan SKCK keliling yang ditempatkan pada pusat keramaian seperti pasar, alun-alun maupun fasilitas publik lainnya yang kerap menjadi jujukan aktivitas warga.

Kapolres Trenggalek AKBP Alith Alarino, S.I.K. mengatakan SKCK keliling ini merupakan upaya Polres Trenggalek untuk mendekatkan diri dengan masyarakat dengan memberikan pelayanan prima yang mudah dan cepat.

“Metode jemput bola ini sangat efisien bagi masyarakat yang kebetulan memiliki kesibukan tinggi. Jadi, tidak perlu ke Mapolres, cukup mendatangi SKCK keliling dan akan dilayani dengan baik.” kata AKBP Alith, Senin (19/9/2022).

Sementara itu, Kasatintelkam Polres Trenggalek Iptu Yoyok Wijanarko, S.H., M.H. menegaskan, pelayanan SKCK baik di Mapolres maupun keliling pada prinsipnya adalah sama. Demikian pula dengan persyaratan yang harus di cukupi oleh pemohon seperti identitas diri dan mengisi sejumlah formulir yang telah disediakan.

Adapun biaya PNBP yang dikenakan yaitu sebesar Rp. 30.000 sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak di Lingkungan Polri.

“Untuk hari ini SKCK keliling kita laksanakan di pasar Pon Trenggalek,” pungkas Iptu Yoyok.

Selain mempermudah masyarakat, mantan Kapolsek Siman Ponorono ini menuturkan, SKCK keliling ini juga bisa menjangkau berbagai tempat yang dinilai relatif jauh dari pusat pelayanan yang berada di kota Trenggalek.

“Kedepan, bukan saja di dalam kota tetapi nanti bisa diarahkan hingga ke pelosok desa,” imbuh Iptu Yoyok.

Sementara itu, antusiasme yang ditunjukkan masyarakat terhadap SKCK keliling ini cukup tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan cukup banyaknya masyarakat yang memanfaatkan pelayanan ini. Masyarakat pun merasa sangat terbantu dengan keberadaan pelayanan SKCK Keliling ini.

Satintelkam Polres Trenggalek juga mengerahkan satu unit kendaraan SKCK keliling berikut tiga personel yang mengawakinya untuk mendukung pelayanan ini.

“Bagi masyarakat yang ingin mengurus SKCK dapat melihat jadwal yang di bagikan secara berkala melalui media sosial akun resmi polres trenggalek baik di facebook, twitter maupun Instagram,” tandas Iptu Yoyok. ari